Mohon tunggu...
KKN UNNES DESA BOLALI
KKN UNNES DESA BOLALI Mohon Tunggu... MAHASISWA KKN UNNES DESA BOLALI

MAHASISWA KKN UNNES DESA BOLALI

Selanjutnya

Tutup

Digital

KKN UNNES Adakan Pelatihan Design Class bagi Karang Taruna Desa Bolali

2 September 2019   00:45 Diperbarui: 2 September 2019   00:54 0 0 0 Mohon Tunggu...

Desa Bolali merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Desa Bolali telah diresmikan sebagai Desa IT oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani pada 31 Oktober 2018. Dengan diresmikannya Desa IT ini mau tidak mau semua lapisan masyarakat di Desa Bolali harus pandai dalam hal teknologi. Baik itu dari pemerintah desa, karang taruna, PKK, RW, RT, home industry, bahkan petani harus paham tentang teknologi.

Design class atau bisa disebut juga dengan kelas desain adalah salah program kerja yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Lokasi Tahap 1  UNNES di Desa Bolali Kecamatan Wonosari, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan dari program kerja tersebut adalah untuk memberikan ilmu secara teknis kepada karang taruna Desa Bolali agar memahami lebih dekat lagi mengenai dunia desain. 

Program kerja ini dilaksanakan  pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2019 di Gedung PKK Balai Desa, sarana dan prasarana yang dibutuhkan yaitu satu buah laptop dan mouse dari tiap dukuh, dan mempunyai media desain CorelDraw dan tidak diperbolehkan menggunakan media desain lain, hal ini dilakukan karena pelatihan ini fokus pada CorelDraw yang sering digunakan di masyarakat sekitar. Antusias pemuda dalam mengikuti pelatihan ini sangatlah tinggi, hal ini dibuktian dengan daftar hadir yang penuh dan fokus ketika acara sedang berlangsung.

Luaran dari pelatihan ini adalah lomba pembuatan desain logo BUMDes Bolali. Setelah diadakannya pelatihan, maka diharapkan agar perwakilan karang taruna setiap dukuh mampu mendelegasikan beberapa orang untuk mengikuti lomba desain logo. Sehingga pelatihan ini selain bermafaat bagi pemudanya sendiri juga bermanfaat bagi desa.

Alur dari perlombaan tersebut yaitu membuat logo BUMDes untuk Desa Bolali beserta deskripsi makna dari logo tersebut dan pesertanya adalah karang taruna antar dukuh dengan batas maksimal 3 orang dari masing-masing dukuh.  Pemenang dari lomba ini nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan juga piala sebagai bentuk penghargaan, dan yang paling terdengar menyenangkan yaitu hasil desain logo dari pemenang lomba tersebut akan dijadikan logo BUMDes Bolali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x