Mohon tunggu...
Aisyah Zahroh Firdaus
Aisyah Zahroh Firdaus Mohon Tunggu... Guru - maba uin

Mahasiswi baru UIN Maulana Malik Ibrahim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini

15 September 2019   15:00 Diperbarui: 23 Juni 2021   20:44 2162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memahami Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini (unsplash/annie-spratt)

Pengertian belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan  nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.  Apa kita sudah belajar? 

cara cara yang di gunakam untuk memahami tingkah laku individu yang relatif menatap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan merupakan teori belajar yaitu meliputi : perubahan perilaku, terbuka dan dapat diamati, dan dapat dalam bentuk cara berpikir

Teori Pembelajaran Anak Usia Dini

Perlu kalian ketahui belajar merupakan proses yang bersifat individual, yang terjadi perubahan simulasi. Terdapat proses informasi yang mengasilkan hasil belajar dalam bentuk ingatan serta perubahan tingkah laku. 

Baca juga : Merumuskan Model Kurikulum Darurat Tahun Ajaran 2021/2022

Dalam pendidikan anak usia dini ini merupakan pembelajaran yang utama untuk anak, dimana pembelajaran tersebut dapat membentuk daya ingat dalam jangka panjang dan mempengaruhi perilaku anak.

Untuk itu adapaun teori pembelajaran pada anak usia dini yang mencakup beberapa aspek yaitu :

  • Perubahan Perilaku yang bisa diamati dengan cara berfikir anak
  • Teori pembelajaran yang mengumpulkan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan mengatur situasi atau lingkungan belajar untuk mencapai tujuan belajar dengan mudah.
  • Teori pembelajaran yang terdapat interaksi antara pengajar serta pelajar dengan lingkungannya yang menyebabkan perubahan perilaku yang lebih baik serta pembentukan potensi pada diri anak.

Ciri  ciri belajar 

1. dari segi proses : adanya aktivitas (fisik, mental, emosional), melibatkan unsur lingkunganya, bertujuan kearah terwujudnya perubahan tingkah laku (behavioral changes)

2. dari segi hasil : bersifat relatif tetap, diperoleh melalui usaha

Baca juga : Ajarkan Anak Tentang Toleransi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun