Mohon tunggu...
Aisyah Annisa
Aisyah Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi

Suka membaca buku, tetapi lebih suka membeli buku.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Susah Tidur? Berikut Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Kamu!

19 September 2022   15:41 Diperbarui: 19 September 2022   22:21 93 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Canva/RossHelen

Di tengah kesibukan yang kian padat, pernahkah kamu bertanya-tanya kapan terakhir kali kamu mendapatkan cukup waktu tidur? Kapan terakhir kali kamu bangun dengan perasaan segar dan siap untuk menjalani hari? Mungkin tidak banyak dari kita yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan benar-benar yakin. Padahal, tidur merupakan kebutuhan dasar semua makhluk hidup, tak terkecuali kita sebagai manusia. 

Menurut Matthew Walker, peneliti ilmu saraf dan psikologi sekaligus penulis buku best seller New York Times Why We Sleep, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai efek samping jangka panjang seperti menurunnya daya ingat, menurunnya imunitas, hingga penyakit jantung dan Alzheimer. Oleh karena itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita.

Berikut ini berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas:

Otak kita menyukai keteraturan dan akan bekerja lebih baik jika memiliki rutinitas, termasuk mengenai jadwal tidur. Oleh karena itu, pergi tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari dapat meningkatkan jumlah dan kualitas tidur yang kita miliki.

Kamu dapat mulai membiasakan diri dengan memasang alarm 15 - 30 menit sebelum pergi tidur dan alarm untuk membangunkanmu di pagi hari.

  • Jaga Suhu agar Tetap Dingin

Ternyata, otak dan tubuhmu perlu menurunkan suhunya sekitar 1°C  untuk dapat tertidur. Kamu dapat mengatasinya dengan cara mengatur suhu ruangan menjadi sedikit di atas 18°C .

Bagi kamu yang tidak memiliki pendingin ruangan, cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mandi air hangat satu sampai dua jam sebelum tidur. Dilansir dari sleepfoundation.org, mandi menggunakan air hangat dapat membantu untuk meregulasi suhu tubuh sehingga meningkatkan kualitas tidurmu.

  • Matikan Lampu

Kita membutuhkan kegelapan untuk memicu pelepasan hormon yang disebut melatonin. Melatonin berfungsi sebagai pengatur waktu tidur. Oleh karena itu, beberapa jam sebelum tidur, kamu disarankan untuk menjauh dari semua layar gadget. Kamu juga dapat mematikan lampu atau memasang penutup mata untuk menghalau cahaya yang masuk.

  • Lakukan Hal di Luar Kamar

Terlalu lama terjaga di tempat tidur atau kamar dapat membuat otakmu mengaitkan kedua tempat tersebut sebagai sesuatu yang memicu untuk tetap terjaga. Dengan bangun dari tempat tidur dan beraktivitas di luar kamar, secara bertahap otak kamu akan mempelajari kembali bahwa tempat tidur dan kamar merupakan tempat untuk tidur yang nyenyak dan konsisten.

  • Hindari Kafein

Kafein termasuk dalam kelas obat yang disebut sebagai stimulan psikoaktif. Karena itu, kafein dapat membuat seseorang menjadi lebih waspada dan terjaga.

  •  Kurangi Aktivitas secara Bertahap

Otakmu membutuhkan waktu untuk secara bertahap tidur dengan benar-benar nyenyak. Oleh karena itu, 30 - 60 menit sebelum tidur, kamu perlu meninggalkan gadget dan melakukan hal lain yang menenangkan seperti meditasi atau membaca buku. 

Sleep, unfortunately, is not an optional lifestyle luxury. Sleep is a nonnegotiable biological necessity. It is your life-support system, and it is Mother Nature's best effort yet at immortality.  -Matthew Walker

Mengingat pentingnya tidur bagi kesehatan jangka panjang, sudah saatnya kita berusaha untuk memaksimalkan waktu dan kualitas tidur yang kita miliki. Keenam cara tadi dapat kamu terapkan sebagai awal dari bentuk kepedulian terhadap dirimu di masa depan, karena perubahan besar selalu dimulai dengan langkah kecil.

Sumber: https://www.ted.com/talks/matt_walker_6_tips_for_better_sleep 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan