Mohon tunggu...
Aisyah LailaKamila
Aisyah LailaKamila Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Film favorit : drama Korea, China, dan Jepang Drama series favorit : Gibran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengungkap Keindahan dan Sejarah Museum Fatahillah di Jakarta

19 September 2023   19:40 Diperbarui: 19 September 2023   22:13 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : dinaskebudayaan.jakarta.go.id

Bekasi- Museum Fatahillah adalah salah satu tempat yang penuh misteri dan kaya akan sejarah, sehingga cocok dijadikan tempat destinasi pagi para pengunjung yang ingin berwisata di Jakarta, nih, gengs

Museum Fatahillah di Jakarta merupakan museum sejarah yang terletak di Kota Tua Jakarta. Didirikan pada tahun 1974 oleh Gubernur Jenderal VOC (Vereenidge Oost-Indische Compagnie), Gustaf Willem, dan dirancang oleh arsitek Belanda, Pieter de Roy. Awalnya, gedung ini digunakan sebagai pusat pemerintahan kolonial Belanda di Batavia. Selama berabad-abad, Stadhuis Batavia menjadi saksi bisu terhadap perubahan sosial, politik, dan budaya yang melanda Indonesia.  

Hingga akhirnya setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, gedung Stadhius Batavia di ubah menjadi museum dan dinamai Museum Fatahillah untuk menghormati Fatahillah, seorang Jenderal yang berhasil merebut Batavia dari tangan Portugis pada tahun 1527. 

Museum Fathillah memiliki berbagai hal yang membuatnya menarik, termasuk koleksi-koleksi sejarahnya. Di sana pengunjung dapat menjumpai peta kuno yang menunjukkan letak wilayah kerajaan Tarumanegara dan wilayah ditemukannya prasasti sebagai sumber sejarah, senjata-senjata zaman kolonial , peralatan rumah tangga yang khas pada zaman dahulu, miniatur, kapal-kapal perdagangan dan bahkan terdapat replika benteng pertahanan. 

Selain itu, juga terdapat sejarah terbentuknya kota Jakarta dari waktu ke waktu serta perkembangan uang yang dipakai sebagai media alat pertukaran yang sah, serta terdapat juga koleksi patung kayu yang memukau yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Terdapat juga sebuah mading besar yang bisa digunakan para pengunjung untuk menulis keinginan, harapan, cita-cita terhadap Kota Jakarta dimasa 20 tahun yang mendatang nantinya dengan judul "JAKARTA DI MASA DEPAN".

Museum ini bukan hanya memamerkan artefak yang bersejarah, tetapi juga tempat para pengunjung untuk bisa merasakan atmosfer masa lalu. Tempat ini berarsitektur khas Belanda dengan tangga dan alas rumahnya yang terbuat dari kayu yang khas, taman yang indah serta teras yang menawarkan pemandangan Kota Tua yang memukau. 

Selain itu, di sekitar Museum Fatahillah terdapat banyak pedagang kaki lima  dan toko-toko yang menjual makanan khas Jakarta dan barang-barang tradisional. Hal ini merupakan kesempatan sempurna untuk para pengunjung mencicipi kuliner khas Jakarta dan berbelanja oleh-oleh khas Indonesia.

Jadi, Museum Fatahillah adalah sebuah harta karun sejarah Jakarta dan Indonesia. Dengan koleksi yang beragam dan atmosfer yang memikat, museum ini merupakan destinasi yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin berlibur sekaligus belajar memahami lebih dalam tentang sejarah dan budaya Indonesia khususnya daerah Jakarta. Dengan mengunjungi Museum Fatahillah, kita dapat menghargai warisan budaya yang kaya dan pentingnya menjaga sejarah kita yang berharga untuk generasi mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun