Mohon tunggu...
Aisyah Cahyani
Aisyah Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Mendampingi Pemuda Pelopor Desa dalam Eduwisata Gerabah Desa Pagelaran

6 Desember 2021   00:56 Diperbarui: 6 Desember 2021   01:19 152 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang melakukan simulasi kunjungan Eduwisata Kampung Gerabah yang didampingi oleh mahasiswa MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) - Membangun Desa Universitas Negeri Malang periode 2021 dan dosen pembimbing lapangan, Dr. Desti Nur Aini, S.S., M.Pd. Program MBKM untuk Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Membangun Desa memiliki tujuan menjadikan Desa Pagelaran yang merupakan desa mitra Universitas Negeri Malang sebagai desa wisata dengan mengembangkan potensi khusus yang dimiliki yaitu kerajinan gerabah. 

Salah satu dusun terkenal dengan julukan Kampung Gerabah tepatnya di Dusun Geta’an Desa Pagelaran. Dengan adanya potensi kerajinan gerabah diharapkan Desa Pagelaran menjadi desa wisata yang berbasis pembelajaran.

"Kami berkerja sama dengan Pemuda Pelopor Kampung Geta’an Desa Pagelaran dalam melaksanakan simulasi eduwisata gerabah yang telah dipersiapkan sejak bulan Oktober 2021. Kegiatan simulasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.” ujar Muhammad Rizha, Koordinator Desa KKN MBKM BKP Membangun Desa Universitas Negeri Malang.

Eduwisata Kampung Gerabah memberikan berbagai macam paket wisata, seperti paket untuk pelajar dan paket untuk wisata umum. Daya tarik yang ditawarkan beraneka ragam, seperti membuat gerabah, mewarnai kerajinan gerabah dan wisata kuliner kampung gerabah. 

Semua yang disajikan khas dari Desa Pagelaran. Dalam simulasi ini pemuda pelopor melibatkan warga setempat. Terdapat 2 rumah produksi yang dijadikan tempat simulasi. 

Pemuda pelopor desa juga dilatih untuk menerima wisatawan. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan para pemuda dalam menerima kunjungan tamu di masa mendatang.

Kegiatan simulasi dilakukan dengan persiapan yang sangat matang dan presisi dimulai dari pemilihan layanan wisata, alur wisata, pelatihan pemandu wisata (tour guide), persiapan cafe and gallery gerabah hingga makanan dan minuman khas dari Desa Pagelaran. Simulasi eduwisata kampung gerabah Desa Pagelaran ini terdiri dari 4 titik pos, dan disetiap pos terdapat keistimewaan tersendiri.

POS 1. Balai Desa

Pada awal kedatangan wisatawan para wisatawan diarahkan ke balai desa untuk menerima beberapa informasi dan sajian pembuka khas Desa Pagelaran. 

Para wisatawan dipersilahkan untuk mengisi daftar hadir dan diberi leaflet alur wisata. Setelahnya para pemuda desa selaku tour guide memperkenalkan diri dan menjelaskan potensi khusus Desa Pagelaran untuk membantu mengenalkan desanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan