Mohon tunggu...
airin pangastuti
airin pangastuti Mohon Tunggu... Lainnya - everyday is miracle

seorang manusia bumi pecinta kehidupan yang selalu rindu bersama Sang Pencipta, berniat menjalani mindfulness, heartfulness, Godfulness & contemplative life

Selanjutnya

Tutup

Diary

Peaceful Earth (Bumi Damai)

23 Januari 2022   13:45 Diperbarui: 23 Januari 2022   14:00 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Walk as if you are kissing the Earth with your feet. 

The mind can go in a thousand directions, but on this beautiful path, I walk in peace.

With each step, the wind blows. 

With each step, a flower blooms. 

(Thich Nhat Hanh)

Kemarin pagi sekitar jam 8 sepulang dari acara rutin harian, saya bersantai sejenak di kursi, memegang handphone dan cek aplikasi media sosial secara acak, waktu scrolling FB tanpa terlalu perhatian, sejenak saya tertarik ke suatu kutipan dari Master Thich Nhat Hanh dengan ilustrasi gambar semesta tanpa foto beliau dan saya tidak terlalu ingat kalimat yang dikutip hanya tiba-tiba batin saya melihat gambaran sesosok mirip beliau dengan mata terpejam, wajah tenang damai,  berjubah coklat tanah khas beliau, terbaring di suatu tempat kurang jelas apakah kotak peti atau pembaringan, samar ada dikelilingi  bunga warna putih.

Langsung dalam hati saya bergumam "oh bergitukah beliau bila meninggal, tapi jiwa beliau pasti damai sejahtera, beliau orang baik."

Segera saya berusaha netralkan diri, tutup HP, saya masukkan ke kamar, lalu saya sibukkan diri ngobrol dengan mbak yang bersih-bersih apartemen dan nikmati youtube via TV sampai sekitar sejam lah baru pegang HP lagi.

Setelah pegang HP, saya lihat chat di WA mulai menumpuk, saya mau clear chat, eh sebelum terpencet clear saya sempat lihat postingan tentang Master TNH yang berpulang hanya belum sempat baca jelas sudah terlanjur clear, akhirnya saya  mencari sumber berita terpercaya di internet dan ternyata benar memang sudah ada beritanya.

Kemudian saya heningkan diri dan merenungkan terkait beliau, dimana saya relatif baru mengenal beliau belum sampai 3 tahun lalu ketika pertama juga mengenal mindfulness , dari seorang teman terkasih dan saya berterima kasih tentu kepadanya. Waktu itu, bahkan sampai saat ini, saya masih sulit membaca, menulis, mengucapkan dan mengeja nama beliau, yang sempat diluruskan teman terkasih saya tersebut di suatu kesempatan 😁

Dari beliau ini saya belajar banyak dan salah satunya yang terpanggil untuk saya praktekkan adalah berjalan dengan kesadaran (walking meditation).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun