Mohon tunggu...
Airani Listia
Airani Listia Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Mantan pekerja yang sedang sibuk menjadi emak-emak masa kini. Hobi menyebarkan kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Tips agar Anak Jatuh Cinta dengan Budaya Indonesia

22 Agustus 2023   06:11 Diperbarui: 23 Agustus 2023   02:52 1400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi mengajarkan anak bermain angklung I Sumber: pexels.com/Teguh Dewanto

Pada upacara perayaan HUT ke-78 RI, Bapak Presiden Jokowi menggunakan baju adat istimewa. Menurut berita kompas.com (17/08/2023), pakaian yang digunakan Presiden Jokowi adalah pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang dikenakan oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta ketika terjun langsung melihat kondisi masyarakat.

Dalam berita kompas.tv (17/08/2023), menguak fakta, hampir setiap tahun Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat berbeda pada perayaan Hari Kemerdekaan RI. 

Pada tahun 2022, beliau memakai baju adat Kesultanan Buton, tahun 2021 menggunakan baju adat khas Lampung dan tahun 2020 Bapak Presiden mengenakan baju adat khas Timor Tengah Selatan (NTT).

HUT RI memang menjadi waktu yang tepat untuk menghormati budaya Indonesia, mengenalkan budaya pada masyarakat dan anak bangsa. Inilah salah satu cara Presiden melestarikan budaya.

Kita sebagai orangtua juga pasti punya keinginan agar anak mengenal budaya. Apalagi, kalau anak bisa jatuh cinta dengan budaya Indonesia, bukan? Karena kita sangat mengetahui, bahwa kelestarian budaya salah satunya bergantung pada anak kita.

Ada tips untuk ayah dan ibu agar bisa membuat anak jatuh cinta dengan budaya Indonesia, lho. Simak yuk!

Mengenalkan anak pada budaya Indonesia sejak dini

ilustrasi budaya daerah I Sumber: pexels.com/Denniz Futalan
ilustrasi budaya daerah I Sumber: pexels.com/Denniz Futalan

Mengenalkan anak pada budaya Indonesia tidak mudah. Butuh proses yang panjang dan mengenalkan dengan perlahan. Namun, sebaiknya anak sudah mulai dikenalkan budaya sejak dini. Salah satu cara efektif, dengan menceritakan budaya daerah pada anak di kala tidur, atau di sela waktu saat kamu dan anak sedang bersama.

Sejak anak saya berusia satu tahun, keluarga suka menceritakan mengenai sosok Si Pitung dari Betawi. Anak sulung saya juga senang melihat ondel-ondel. Jadi, kalau malam, sebelum tidur kami bercerita pada anak, bahwa ondel-ondel dan Si Pitung itu berasal dari Betawi. Memberitahukan anak mengenai dirinya yang merupakan keturunan Betawi Jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun