Mohon tunggu...
Airani Listia
Airani Listia Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Mantan pekerja yang sedang sibuk menjadi emak-emak masa kini. Hobi menyebarkan kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Bukan Hanya Bayi, Ini Manfaat Menyusui Bagi Ibu

11 Agustus 2023   16:47 Diperbarui: 17 Agustus 2023   19:01 1661
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi ibu dan bayi I sumber : pexels.com/Polina Tankilevitch

Sejak kemarin, saya membahas mengenai Pekan ASI Sedunia 2023 untuk ibu bekerja, mengenai dukungan yang dibutuhkan ibu dari lingkungan di sekitarnya agar sukses pemberian ASI eksklusif pada bayi. Namun, saya belum memberitahukan manfaat menyusui bagi ibu itu sendiri.

Manfaat ASI eksklusif untuk bayi sudah sering kita dengar, dan rasakan. Kita sangat mengetahui, dan bisa membuktikan bahwa ASI eksklusif mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran pencernaan pada bayi.

ASI juga merupakan sumber energi dan nutrisi terbesar bayi. Bahkan, anak yang saat masih kecil diberikan ASI eksklusif, dipercaya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

WHO tidak hanya membahas mengenai manfaat menyusui pada bayi, tetapi juga untuk ibu. Pada situs resmi WHO, diberikan penjelasan fakta terkait menyusui dalam tulisannya yang berjudul "Infant and young child feedingyang tayang pada 9 Juni 2021.

Tidak hanya sekadar mitos, WHO juga memberikan fakta menarik mengenai ibu menyusui. Apa saja manfaat menyusui bagi ibu?

KB alami selama 6 bulan pertama setelah melahirkan

Sesuai penjelasan WHO, proses menyusui secara langsung yang dilakukan oleh ibu pada bayi, akan menjadi KB alami selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Pemberian ASI eksklusif langsung, memberikan efek hormonal pada tubuh ibu. Sehingga, sering menyebabkan kurangnya menstruasi.

Banyak dari ibu yang memberikan ASI eksklusif, tidak mendapatkan menstruasi selama 6 bulan. Inilah yang dinamakan Metode Amenorea Laktasi. Metode pengendalian kelahiran secara alami bergantung pada proses menyusui eksklusif terhadap kesuburan ibu.

Biasanya, menstruasi perlahan kembali normal, ketika masuk masa pemberian MPASI yaitu saat bayi berusia 6-8 bulan. Tentu, tetap ada syaratnya lho, kalau ingin menjadikan masa pemberian ASI eksklusif menjadi KB alami.

Pertama, ibu belum mendapatkan menstruasi setelah melahirkan. Kedua, usia bayi sekitar 0-6 bulan. Ketiga, tidak ada jeda jauh dalam pemberian ASI eksklusif pada bayi. Jadi, bayi harus dipastikan menyusu rutin setiap dua atau tiga jam sekali dalam 24 jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun