Mohon tunggu...
Rae Shinta
Rae Shinta Mohon Tunggu... Mahasiswa

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tangkis Corona, Mahasiswa Undip Ajak Gerakan Konsumsi Hasil Laut

11 Agustus 2020   12:56 Diperbarui: 11 Agustus 2020   13:16 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tangkis Corona, Mahasiswa Undip Ajak Gerakan Konsumsi Hasil Laut
Dokpri| Sosialisasi Mengenai Ajakan konsumsi ikan, minyak ikan dan rumput laut

Boyolali (09/08/2020), kebijakan new normal yang telah diberlakukan oleh Pemerintah masih saja tetap menggunakan protokol kesehatan Covid 19 untuk aktivitas sehari-hari. Walaupun masih diperintahkan menggunakan protokol kesehatan, kasus yang terpapar masih terus bertambah setiap harinya. Maka perlu adanya ajakan lagi kepada masyarakat untuk selalu menjaga tubuh tetap sehat dan tidak gampang sakit. Hal ini dilakukan oleh Rae Shinta Gunari salah satu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020 asal Boyolali, yang melaksanakan KKN dilokasi tempat ia tinggal.

Rae mengajak warga Dukuh Karanggayam RT 01/ RW 04 Desa Metuk Kecamatan Mojosongo untuk gerakan mengonsumsi ikan dan rumput laut. Ajakan makan ikan dan minyak ikan ditujukan kepada seluruh warga Dukuh Karanggayam. Gerakan ini dilakukan karena daerah tempat pelaksana KKN berada di pedesaan yang jauh dari laut. Sehingga, warga setempat tidak begitu mengetahui tentang manfaat dari sumber daya laut. Menurut Ketua RT Dukuh Karanggayam “Ajakan makan ikan ini bagus sekali, bisa menambah wawasan masyarakat agar tetap sehat terutama untuk pertumbuhan anak”.

Ikan banyak mengandung nutrisi seperti protein, vitamin dan kalsium. Tak hanya itu kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan berguna untuk memelihara kesehatan jantung dan mata anak sehingga sangat cocok untuk anak-anak yang masih membutuhkan pertumbuhan.

Gerakan ini termotivasi oleh ajakan Persiden Joko Widodo. Dilansir dari detikfinance, Presiden Joko Widodo mengajak Masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Jokowi percaya kandungan yang terdapat dalam ikan bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mencegah penularan Covid-19. “Makan makanan ikan yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Makanan bergizi bantu daya tubuh terhadap Covid-19, tapi juga hati yang gembira, tenang, tidak panik, istirahat cukup dan olahraga teratur,” tutupnya.

Tak hanya mengajak untuk mengonsumsi ikan dan minyak ikan. Rae juga mengajak ibu PKK yang tak lain ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan agar bisa melakukan sesuatu di tengah pandemi Covid 19. Ia memberi tips bagaimana mengolah makanan dari bahan dasar rumput laut untuk dijadikan sebuah produk yang kemudian berguna untuk berbisnis. Rumput laut Gracilaria sp dan Euchema Cottoni dapat diolah sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan antioksidan pada rumput laut juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kanker dan kolesterol.

Dokpri|Brosur mengenai produk olahan rumput laut
Dokpri|Brosur mengenai produk olahan rumput laut

Rae mengharapkan Ibu PKK Dukuh Karanggayam dapat berwirausaha produk yang direkomendasikannya yaitu bakso dan nugget rumput laut. Makanan ini bisa dipasarkan ke masyarakat ditambah dengan kandungan nutrisi yang menyehatkan, membuat ketertarikan bagi konsumen. Ibu PKK sangat antusias dan mengajak ibu-ibu yang lain untuk berwirausaha. Maka dengan ini ibu rumah tangga Dukuh Karangayam dapat membantu ekonomi keluarganya di tengah pandemi Covid-19.

Gerakan yang dilakukan dengan memberi selembaran brosur ke setiap rumah warga, kemudian dijelaskan mengenai maksud tujuan dari gerakan tersebut. Respon warga sangat antusias dan mereka ingin mengonsumsi ikan dan rumput laut mulai sekarang. Rae juga menghimbau seluruh warga Dukuh Karanggayam Desa Metuk untuk tetap melakukan protokol kesehatan baik diluar maupun di dalam rumah agar selalu sehat dan terhindar dari virus Corona.

Oleh : Rae Shinta Gunari,

Editor : Dr. Ir. Pinandoyo., M.Si.

VIDEO PILIHAN