Mohon tunggu...
Ainur Rohmah
Ainur Rohmah Mohon Tunggu... Tulisan_AinurR

Nikmati prosesnya, Syukuri kehendaknya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Berkebun

11 April 2021   12:02 Diperbarui: 11 April 2021   12:13 22 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Berkebun
Foto Pribadi

Oleh: Ainur Rohmah

Pada masa usia dini, membuat anak untuk fokus dalam belajar tentunya tidaklah mudah, orang tua atau guru tentunya harus mempunyai strategi khusus agar anak mendengarkan apa yang di sampaikan guru ataupun orang tua, dengan menggunakan media atau mengajak anak belajar secara nyata ini dapat membantu mengatasi cara belajar anak. Seperti mengajak anak untuk merasakan langsung dalam pembelajaran tersebut. Anak bisa melihat, menyentuh. Dengan langsung melihat obyeknya anak akan lebih tertarik, daripada hanya mendengarkan guru bercerita saja.

Untuk menumbuhkan Kecerdasan Naturalistik anak, guru atau orang tua bisa mengajak anak untuk Berkebun, iya, dengan mengajak anak berkebun mereka akan belajar berbagai macam tanaman, mereka dapat melihat bagaimana bentuk-bentuk sayuran, belajar membedakan daun di masing-masing tanaman. Pada intinya pembelajaran secara nyata yang diberikan kepada anak akan memudahkan mereka belajar, memberikan pengalaman baru kepada anak belajar di alam, sehingga dapat menumbuhkan jiwa anak agar mencintai lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Anak di ajarkan bagaimana merawat tanaman sejak usia dini, mulai dari menanam, memberi pupuk, menyiram, dan merawatnya. Apalagi kalau tanaman tersebut sampai berbuah, pasti anak akan merasa senang, Dengan begitu anak tidak mudah untuk merusak tanaman, karena anak mengetahui bagaimana proses menanam dan sampai tanaman tersebut berbuah. Pembelajaran yang dilakukan secara nyata ini juga mengajarkan kepada anak secara sederhana, bahwa untuk menjaga Bumi yang sudah di ciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Amat sangat penting menumbuhkan kecerdasan naturalistik ini sedari kecil, karena dengan begitu akan membentuk kebiasaan mereka, jika kelak ia dewasa, kebiasaan itu akan tertanam pada diri mereka, untuk tidak merusak alam, dan menjaga lingkungan yang ada di sekitar mereka.

VIDEO PILIHAN