Mohon tunggu...
Ainun Najib
Ainun Najib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kkn tematik upi 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tematik UPI Kelompok 127-F Indramayu Mengajar di Sekolah MDA Mengenai Cinta Lingkungan Laut

17 Agustus 2022   01:17 Diperbarui: 17 Agustus 2022   01:19 104 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dari hasil pengamatan dan observasi kelompok 127-F KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengenai sekolah Madrasah Diniayah Awaliyah (MDA)  banyak yang belum memahami tentang cinta lingkungan laut, Walaupun MDA bisa di bilang tempat belajar agama, akan tetapi kami memberikan beberapa manfaat buat anak-anak di usia dini dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya cinta lingkungan laut karena tempat MDA tersebut berlokasikan tidak jauh dari laut. Dan kelompok kami ada 4 program kelompok kecil yang salah satunya mengajar di MDA. Cinta lingkungan laut sendiri bisa di artikan dengan membersihkan lingkungan laut atau pesisir pantai atau menjaga lingkungan pantai agar terhindar dari pencemaran yang kurang baik mengenai lingkungan pantai sendiri, karena bisa di bilang tempat yang kami yang di jadikan sebagai tempat KKN dengan bertemanakn yaitu, Desa Peduli Lingkungan Laut, laut tersebut bisa di bilang masih kurang bersih dan masih banyak sampah yang berserakan, maka dari itu kami memberikan atau merubah kebiasaan masyarakat sekitar, terutama kami memberikan masukan kepada anak-anak MDA tersebut agar lebih tepat lagi dalam menbuang sampah dan bisa menjaga lingkungan laut dan menghindari banjir setiap tahunnya, dan juga bisa menjadikan tempat wisata untuk kedepannya.


Dalamm mengajar di MDA kami dengan kelompok  F yang beranggota 4 orang membantu tenaga kerja guru di MDA tersebut karena kekurangan tenaga kerjanya sedangkan kelasnya ada 4 kelas dan tenaga kerja sebagai gurunya cuma ada 2 orang, ujar ibu yana 19/juli/2022 sebagai pengurus MDA, karena tenaga kerja guru di MDA sangat penting dan sangat di butuhkan supaya anak-anak bisa lebih paham mengenai pembelajaran agama, kami di situ berusaha membantu dalam mengajar dan memberikan materi tentang belajar agama dan juga memberikan materi tentang cinta lingkungan laut sebagai program KKN kami di MDA tersebut. Adapun materi agama yang di sampaikan kepada anak-anak MDA yaitu tentang ahklah, sopan santun, pemahaman mengani sholat lima waktu, memberikan masukan tentang membaca alquran itu penting buat masyarakat sekitar terutama yang beragamakan islam. Sedangkan untuk materi tentang cinta lingkungan lau sendiri yaitu pentingnya makan ikan, mengetahui mana ikan yang bisa di konsumsi atau ikan yang bisa di tangkap di laut, memberikan edukasi bahwa pentingnya makan ikan untuk usia dini tersebut sangat bagus untuk di konsumsi. 

(dokpri)
(dokpri)

Selain kami memberikan materi tentang cinta lingkungan dan juga belajar agama, kami pun memberikan challenge buat para anak-anak di MDA kami memberikan suatu perlombaan menggambar yang bertemakan mengenai lingkungan laut, setelah anak-anak selesai menggambar di situ kami memilih siapa yang lebih bagus dan menarik akan menjadi juara dan kami berikan memberikan reward kepada anak-anak yang berhasil memberikan gambar yang menarik dan bagus. Anak-anak sendiri sangat senang dan ceria dengan di adakannya perlombaan menggambar tersebut, dengan kedatangannya kami terlihat sangat semangat sekali sebagai anak-anaknya di MDA dan sangat membantu untuk para tenaga kerja gurunya.

(dokpri)
(dokpri)

Guru dalam sekolah MDA tersebut memberikan apresiasi terhadap kami yang mengisi jam belajar dengan memberikan materi yang sangat baik untuk anak-anak usia dini tersebut, dan sangat di harapkan oleh guru di MDA tersebut dengan adanya kedatangan KKN Tematik UPI  ini, agar anak-anak di sekolah bisa lebih terangsang dalam hal pendidikannya. 

Kami harap anak-anak di sekolah MDA Eretan Kulon bisa melanjutkan sekolah setinggi mungkin dan jangan sampai putus sekolah., dan selanjutnya harapan kami dari kelompok 127- F KKN Tematik UPI agar laut tempat banyaknya masyarakat menggantungkan hidup dan hasil laut merupakan komoditas unggulan daerah ini dapat terbatas dari sampah yang mencemari laut, sesuai dengan tema kelompoknya yaitu Desa Peduli Lingkungan Laut, di harapkan juga warga sekitar dan juga anak-anak usia dini lebih peduli pentingnya menjaga laut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan