Mohon tunggu...
Ainun Jariyah
Ainun Jariyah Mohon Tunggu... Berkarya terus. Terus berkarya

Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Anak Dijadikan Bahan Penelitian, Jean Piaget?

9 Mei 2021   23:56 Diperbarui: 9 Mei 2021   23:56 30 1 0 Mohon Tunggu...

Aspek perkembangan anak usia dini ada beberapa komponen yang harus di perhatikan orang tua. Seperti bahasa, nilai moral agama, fisik motorik, seni, dan perkembangan kognitif. Berbicara terkait perkembangan kognitif nih. Sangat sering dijumpai yah pembahasan kognitif, namun ternyata sebagian besar juga orang yang tidak faham terkait perekembangan kognitif pada anak. Padahal ini sangat penting untuk pengembangan anak, karena didikan yang diterapkan pada anak usia dini yang akan terpengaruh oleh anak, hingga ia dewasa. Dan juga jika didikan masih di didik di jenjang usia dini jika ada kesalahan dalam metode mendidik nya masih bisa di perbaiki lagi. Beda memang hal nya dengan mendidik anak yang sudah usia remaja, atau dewasa. 

Jean piaget adalah salah satu ahli atau beliau menemukan teori perkembangan kogntif, dan sesuai dengan judul yang saya tulis ternyata Jean Piaget ini bisa meemukan teori ini karena meneliti pola perekembangan anak nya. Tahap demi tahap di telitinya. Namun sebelumnya kita mengenal lebih dalam nih, siapa yah sosok Jean Piaget ini ? Beliau lahir di Swiss pada tanggal 9 Agustus 1896,beliau adalah seorang filsuf, ilmuwan dan beliau perintis besar teori kontrutivis tentang pengetahuan berikut adalah pendapat dari Ernst von Glasersfeld dan beliau meninggal pada tanggal 16 september 1890 pada usianya yang ke 84 tahun. Di Universitas Geneva sejak 1929 sampai dengan 1980, Jean piaget menjabat sebagai profesor psikologi yang paling terkenal karena beliau menyusun teori perkembangan kognitif dengan membuat tahap-tahapan untuk tujuan memperluas dari karya James Mark Baldwin.

Jika tahap James Mark Baldwin menjadi empat tahap perkembangan kurang lebih adalah 1. masa infancy,2. pra-sekolah,3.anak-anak,4.remaja. lalu oleh Jean Piaget dikembangkan juga tetap 4 namun teorinya yang berbeda. Keempat tahap perkembangan itu :

  1. Tahap sensorimotor: dari lahir hingga 2 tahun (anak mengalami dunianya melalui gerak dan inderanya serta mempelajari permanensi objek)
  2. Tahap pra-operasional: dari 2 hingga 7 tahun (mulai memiliki kecakapan motorik)
  3. Tahap operasional konkret: dari 7 hingga 11 tahun (anak mulai berpikir secara logis tentang kejadian-kejadian konkret)
  4. Tahap operasional formal: setelah usia 11 tahun (perkembangan penalaran abstrak).

dengan pertambahnya atau berkembangan kognitif ini menjadikanmembuat orang tua supaya lebih bisa memahami akan pentingnya perkembangan kognitif pada anak. 

VIDEO PILIHAN