Mohon tunggu...
Faridilla Ainun
Faridilla Ainun Mohon Tunggu... Human Resources - Ibu-ibu kerja

Ibu yang suka ngaku Human Resources Generalist dan masih belajar menulis. https://fainun.com/

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Menjajal Samsat Drive Thru, Membayar Pajak Kendaraan Tahunan Kala Terusir dari Samsat Corner

25 Juni 2018   09:09 Diperbarui: 25 Juni 2018   09:28 7787
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang ada di jalanan, kadang membuat saya berpikir, para pemilik kendaraan ini rutin membayar pajak tidak ya?

Sebuah jawaban mengejutkan saya temui pada hari Jumat, 22 Juni 2018 lalu. Di hari kedua beroperasi setelah panjangnya cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, kantor  Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap alias SAMSAT masih diserbu oleh banyaknya pemilik kendaraan bermotor. Ternyata banyak pula orang yang semakin sadar kewajiban untuk membayar pajak. 

Karena pagi hari tidak bisa izin keluar kantor, saya baru bergerak menuju SAMSAT Corner di kantor cabang Bank Sumsel Babel Palembang Trade Center (PTC) Mall setelah istirahat siang. 

Datang sekitar jam 13.45, saya 'diusir secara halus' oleh petugas. Antrian wajib pajak (WP) yang berniat membayar pajak kendaraan bermotornya sudah memenuhi ruangan tersebut.

"Nanti dak selese" alias nanti tidak selesai pekerjaannya kalau jumlah WP yang berniat membayar pajak datang terus menerus. Walau begitu, petugas memberi solusi, coba ke Samsat Corner yang di dalam PTC Mall.

Saya pun segera bergerak menuju tempat yang dituju. Mengacu pada jadwal SAMSAT Corner Palembang Indah Mall (PIM), pembayaran terakhir dilakukan pada pukul 14.30. Semoga masih sempat, pikir saya sambil berjalan tergesa-gesa.

Ternyata, di Samsat Corner PTC Mall jumlah WP yang menunggu pun tak sedikit. Bahkan, banyak WP yang menunggu di luar area Samsat Corner karena keterbatasan tempat duduk. Terlihat ada antrian saya pun coba berdiri mengikuti. Namun, seorang ibu yang mengantri sambil duduk terlihat memegang nomor antrian berwarna merah. 

Ia berujar, "Ambil nomor antrian dulu". Celingak celinguk, tak juga terlihat tumpukan kertas nomor antrian di dekat meja petugas. Seorang yang berdiri di belakang saya maju bertanya kepada petugas dan mendapat jawaban kalau nomor antrian sudah habis, besok lagi.

Saya pun pulang setelah diusir secara halus oleh antrian mengular di Samsat Corner. Seorang teman di kantor mengusulkan untuk mencoba bayar pajak kendaraan drive thru di kawasan Kantor Samsat Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel di Jl POM IX, Palembang. Tak perlu di kantor Samsatnya karena pada hari kerja biasa antrian juga banyak.

Sabtu, 23 Juni 2018. Sejak jam 8 pagi, saya mulai bergerak menuju kantor Samsat Palembang. Pukul 8.26 saya mulai masuk area Samsat Drive Thru. Belum ada antrian sama sekali. Segera saya berikan KTP, STNK, dan BPKP kepada petugas di Loket 1 (Pendaftaran). 

Tak menunggu lama, saya langsung diminta memajukan kendaraan ke Loket 2 (Penyerahan) untuk melakukan pembayaran pajak dan menerima berkas-berkas yang tadi saya serahkan di loket 1. Cukup duduk dengan sabar menunggu selama 5 menit di mobil, pembayaran pajak pun selesai dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun