Mohon tunggu...
Ainun Zakiah
Ainun Zakiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kesehatan masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Negatif dan Positif Mandi Malam

23 Februari 2021   10:50 Diperbarui: 23 Februari 2021   11:39 265 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Diindonesia sering dijumpai kasus kasus yang penduduknya itu suka dengan mandi malam

        Sebenarnya mandi malam  memiliki dampak negatif dan positif menurut , Putu Elmira  Dampak negatif dari mandi malam tersebut bisa dapat  menyebabkan penuaan dini dan penyakit tubuh lainnya .contohnya saja, badan terasa sakit jika terlalu sering melakukannya apalagi mandinya itu diatas dari jam sembilan malam. Dalam keadaan cuaca dingin. Bukan hanya itu saja, bisa juga menyebabkan pilek dan itu bisa terjadi jika kita menggunakan air dingin untuk mandinya.

     Selain dari dampak negatif dampak positif.    Dampak positif dari mandi malam ialah badan terasa enak dan tidur pun terasa jadi nyenyak dan itu sudah terbukti ketika saya sendiri pun pernah merasakannya. Pada saat itu, saya habis pulang dari  berpergian di malam hari  tetapi karena badan saya terasa lengket akibat berkeringat jadi saya memutuskan untuk mandi, tapi tidak dengan menggunakan  air dingin, saya mandi menggunakan air hangat. Dan hasil nya, ya tidur saya jadi nyenyak dan rasa pegel yang ada di dalam tubuh saja sedikit hilang. Jadi mandi malam tidak juga berbahaya jika mandi nya itu menggunakan air hangat dan itu di kutip  dari   penjelasan dr fitriana aprilia pada 18 juni 2019 lalu.    

       Mandi malam sebenarnya banyak sekali di minati oleh semua kalangan. Dari yang mahasiswa Sampai  karyawan  tokoh. Karena apa? Karena di akibatkan oleh pulang larut malam dan lain sebagainya. Nah  terkadang banyak sekali  karyawan tokoh  pulangnya sampai larut malam, tetapi harus bisa  menjaga  kebersihan tubuh mereka. Berikut adalah tips bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap bersih walaupun sudah  dalam keadaan malam sekalipun:

Yang pertama itu sebelum berangkat bekerja  hendak lah  mandi yang bersih, gosok semua daki yang mengumpul di badan, gosok gigi, kumur-kumur dengan pengharum mulut.

Setelah mandi jangan lupa gunakan deodoran yang bertahan  selama 24 jam.

Hindari hal-hal yang berbau jorok, jangan makan makanan yang bisa meninggalkan bau busuk.

Sebelum berangkat kerja hendaklah memakai parfum. Gunakan parfum di titik-titik nadi, contohnya di leher, pergelangan tangan, bagian bawah punggung dan bagian lutut.

Jika sudah pulang setelah beraktifitas seharian itu. Hendaklah mandi lagi, tetapi dengan menggunakan air hangat. Agar tubuh jadi terasa bugar lagi.

      Tips itu bukan hanya berlaku untik karyawan saja. Tetapi untuk kalangan umum lainya. Karena menjaga kebersihan adalah Sebagian  dari iman. Dan tetap salah satu dari menjaga kebersihan itu  ialah dengan mandi. Bisa menggunakan air dingin mau pun hangat, tergantung jam berapa kita mandi nya  

   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan