Mohon tunggu...
Ainiyyatul Imaroh
Ainiyyatul Imaroh Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Belajar 202110230311304

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hindari Overthinking! Ini Beberapa Risiko Orang Sering Overthinking

28 September 2021   18:33 Diperbarui: 28 September 2021   18:36 62 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banyak berfikir (overthingking) merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang sering terdengar atau bahkan dialami oleh setiap orang. Bahkan hal sepele akan dipikirkan secara mendalam atau terlalu berlebihan. Berdasarkan survey salah satu penelitian mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, rentan usia yang sering mengalami overthingking adalah usia 16-19 tahun saat seseorang menjadi mahasiswa dan akan lebih sering terjadi pada perempuan.

Apa sih sebenarnya Overthingking itu??

Overthingking merupakan suatu perilaku  yang terjadi secara normal pada siapapun saat memikirkan sesuatu hingga memunculkan pemikiran negatif.  Jika seseorang selalu overthingking,  maka kehidupanya tidak akan mengalami kemajuan. Hal itu disebabkan seseorang tersebut akan terus berfikir apakah yang kita lakukan sudah sesuai dengan keinginan atau pandangan masyarakat.  

Bukan hanya tekanan pada mental jika seseorang mengalami overthingking, namun bisa menjadi gangguan pada perilaku seseorang.

Seperti yang dikatakan David Spiegel, direktur Pusat Stres dan Kesehatan di Stanford Health Care, mengatakan, “Ada kalanya kekhawatiran tentang masalah jauh lebih buruk daripada masalah itu sendiri”.

Terkadang tanpa kita sadari waktu kita juga akan terbuang secara percuma saat kita mengalami overthingking. Hal itu disebabkan karena pikiran kita hanya akan terfokus pada satu pemikiran sedangkan waktu akan terus berjalan.

Lantas apa penyebab munculnya overthingking??

Munculnya sikap overthingking didasari oleh banyak hal. Sering kali, saat seseorang mengalami overthingking yang secara tiba- tiba datang akan merasa tidak nyaman pada situasi apapun. Hal itu disebabkan karena banyak dari individu yang belum bisa mengontrol sikap overthingking yang mereka alami. Overthingking akan selalu membawa kita pada pikiran- pikiran negatif sehingga menjadikan kita tidak bisa beristirahat atau melakukan aktivitas apaun.

Rasa tidak nyaman yang biasa sesorang alami saat mengalami overthingking, mucul dari emosional atau perasaan seseorang berupa rasa cemas, tidak bersemangat, gelisah, tidak fokus, stress, dll. 

Penyebab overthingking bisa bermacam- macam, pada umumnya terjadi ketika seseorang sedang mempertimbangkan suatu keputusan, mencoba memahami tindakan atau keputusan orang lain, dan  memprediksi masa depan.  Maka dari itu overthingking cukup berbahaya bagi kesehatan mental seseorang yang jika dibiarkan akan bisa menjadi gangguan kecemasan.

Overthingking cukup berbahaya bagi kesehatan mental kita, lalu apa saja risiko yang akan dihadapi saat overthingking selalu muncul??

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan