Mohon tunggu...
Ainag Al Ghaniyu
Ainag Al Ghaniyu Mohon Tunggu... a jannah seeker

Buku, seni, puisi, menulis, happy tummy

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peluang Usaha yang Tak Ada Matinya Saat Pandemi

20 Februari 2021   10:46 Diperbarui: 22 Februari 2021   20:21 92 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peluang Usaha yang Tak Ada Matinya Saat Pandemi
Sumber : pribadi by canva

(Dari sudut pandang konsumen/pembeli)

Jadi yang saya ulas memang dari sudut pandang saya pribadi & teman-teman di lingkungan kerja yang rata-rata adalah buyer/customer, meskipun beberapa diantara kami juga berjualan. Apa saja yang kami butuhkan, yang terus-terusan kami beli, yang sekalipun pandemi tetap dicari alias tidak mengenal krisis.

Ini juga hasil pengamatan saya, setelah masuk ke grup-grup jual beli di kota saya baik grup-grup di Facebook maupun WA. Pasti di kota-kota lain terutama kota kelas menengah sampai besar juga banyak grup sejenis. Masuklah, amati produk-produk apa yg banyak dijual, banyak dibeli, terus-terusan dibutuhkan (prinsip ATM : amati, tiru, modifikasi). Pelajari juga, siapa yang open reseller tanpa modal, siapa yang menawarkan dropship, siapa produsennya, siapa distributor yang harganya paling murah, dsb dst.

Contoh sebagian yang bisa saya ulaskan berikut ini.

1. Frozen Food

Jangankan pandemi, sebelumnya pun frozen food sudah naik daun. Banyak ibu bekerja atau karena kondisi lainnya membutuhkan makanan yang pengolahannya serba praktis, sehingga menjadi salah satu pemicu tumbuhnya usaha ini. Menjual frozen food bila masih skala uji coba cukup punya kulkas, mulailah dengan buka PO, setelah ada pesanan baru ambil barang ke distributor/agen.


Bila konsumen makin besar, bisa sewa freezer, tidak perlu beli. Sudah banyak yang menawarkan penyewaan freezer apalagi open reseller produk frozen food di tiap kota.


Yang disebut frozen food mulai dari olahan sapi, ayam, produk-produk sungai/laut sampai produk pertanian juga. Bisa jadi lauk pendamping nasi atau yang sifatnya kudapan. Bila dulu jenisnya terbatas, makin hari variannya makin banyak dan kreatif. Siapa sih yang di rumahnya tidak tersedia frozen food ?

2. Bahan Makanan Mentah & Bahan Pokok

Di beberapa kota yang pernah saya tahu, terdapat penjual bahan makanan yang beroperasi sehari-hari baik yang mangkal maupun berkeliling kawasan tertentu dan kerap disebut Mlijo (jawa) atau tukang sayur. Para penjual yang biasanya mangkal di sudut jalan tertentu mensiasati larangan keluar rumah & berkumpul dengan cara berkeliling menggunakan gerobak/motor untuk menjemput pembeli dari rumah ke rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN