Mohon tunggu...
Aim Matuz Zahrotun Nafiah
Aim Matuz Zahrotun Nafiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Unusa angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobiku

20 Oktober 2021   14:11 Diperbarui: 20 Oktober 2021   14:28 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berbicara mengenai hobi, menurut saya hobi merupakan aktivitas yang dilakukan di waktu luang atau disebut juga dimasa senggang yang membuat senang dan bahagia ketika menjalaninya. Setiap orang pasti memiliki hobi, begitu pun juga dengan saya yang memiliki banyak hobi mulai dari membaca, mendengarkan musik, mengedit foto atau video, menonton dan menulis. Ketika masa pandemi ini saya memiliki hobi baru yaitu bermain game online. Namun sekarang tidak semua saya lakukan hanya beberapa saja seperti membaca dan mendengarkan musik.

Dulunya saya lebih sering menulis daripada membaca karena membuat bosan. Saya sering menulis tentang perjalananku ke suatu tempat maupun aktivitas keseharianku. Namun seiring berjalannya waktu saya mencoba membaca novel. Dikarenakan dulu sekolah saya setiap hari Jumat diwajibkan untuk literasi selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Selain itu juga teman saya ketika sekolah sering membawa novel dan saya pun ikut membaca yang dikemudian akhirnya saya suka membaca. Ketika saya suka membaca saya sering membeli beberapa novel. Sampai sekarang saya masih sering sempatkan untuk membaca ketika ada waktu luang.

Selain membaca juga saya suka mendengarkan musik. Sering kali saya ketika mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik, karena dengan mendengarkan musik bisa membangun suasana hati yang baik, stabil agar lebih semangat. Namun ada beberapa materi atau tugas ketika dikerjakan membutuhkan keadaan yang sunyi untuk lebih fokus berpikirnya. Bahkan biasanya ketika saya mau tidur mendengarkan musik terlebih dahulu.

Akibat masa pandemi ini saya juga mempunyai kegemaran selain membaca dan mendengarkan musik, yaitu bermain game online. Saya sering bermain game online seperti mobile legends. Biasanya saya bermain bersama dengan teman-teman online ketika malam hari. Hal ini yang mengakibatkan terkadang saya sering tidur larut malam. Bagi saya bermain game online hanya untuk hiburan semata saja. Selain bermain game online ketika malam hari saya juga sering menonton film melalui aplikasi yang berasal dari ponsel. Saya suka menonton film yang bergenre horor dan drama daripada film yang bergenre musikal maupun fantasi. Namun akhir-akhir ini sering menonton film yang bergenre drama.

Tidak hanya itu saja saya dulu bahkan sampai sekarang masih sering mengedit foto ataupun video. Selain hobi, ini juga bisa dibilang keahlian saya. Dan karena hal ini saya dulu sering kebagian tugas untuk mengedit ketika ada tugas kelompok membuat video, poster atau semacamnya. Meski begitu saya dalam hal edit ini tidak begitu menguasai. Namun kata orang-orang sekitar saya seperti teman-teman saya berpendapat bahwa hasil saya mengedit bagus dan memuaskan. Suatu saat nanti saya mempunyai keinginan untuk mengembangkan kemampuan pada hobi ini yang mungkin bisa jadi menjadi peluang kerja dan lain sebagainya.

Saya melakukan hobi ini tidak hanya sekedar menyukai dan senang ketika melakukannya, namun juga hobi ini memiliki berbagai macam manfaat. Seperti halnya membaca buku dapat berimajinasi, menambah wawasan, meningkatkan memori, pikiran menjadi terbuka, mengasah kreativitas dan lain-lain. Sama halnya juga dengan menonton film kita dapat menghilangkan stres, lebih memahami kehidupan, mendorong perubahan sosial dan masih banyak lagi. Tidak hanya membaca dan menonton film tapi masing-masing hobi pasti memiliki manfaat tersendiri. Tetapi masih banyak orang yang tidak menyadari tentang hal itu. Dengan demikian itulah artikel tentang hobi saya dari dulu hingga sekarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun