Mohon tunggu...
Aiman Witjaksono
Aiman Witjaksono Mohon Tunggu... Wartawan TV

So Called Journalist

Selanjutnya

Tutup

Hukum Artikel Utama

Fakta Baru Kasus "First Travel", Ratusan Miliar Uang Korban Lenyap bagai Siluman!

1 Desember 2019   11:14 Diperbarui: 1 Desember 2019   14:17 0 7 2 Mohon Tunggu...
Fakta Baru Kasus "First Travel", Ratusan Miliar Uang Korban Lenyap bagai Siluman!
Terdakwa Direktur Utama First Travel Andika Surachman (kedua kanan), Direktur Anniesa Hasibuan (kanan), dan Direktur Keuangan Siti Nuraida Hasibuan (kedua kiri) menjalani sidang kasus dugaan penipuan dan pencucian uang biro perjalanan umrah First Travel dengan agenda pembacaan amar putusan di Pengadilan Negeri Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (30/5). Majelis hakim memvonis terdakwa Andika Surachman 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar subsider 8 bulan, Anniesa Hasibuan 18 tahun penjara dan denda Rp10 miliar subsider 8 bulan, sementara Siti Nuraida alias Kiki Hasibuan 15 tahun dan denda Rp5 miliar subsider 8 bulan kurungan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Kasus First Travel, baru saja diputuskan Mahkamah Agung di tingkat Kasasi. Salah satu yang mengundang kontroversi adalah soal pengembalian aset First Travel, bukan kepada Jemaah melainkan kepada negara. Fokus pembahasan bukan hanya pada titik ini tapi ada yang lebih menyita perhatian.

Janggal, Uang Ratusan Miliar Lenyap Bagai Siluman

Hasil persidangan beberapa kali hingga ke tahap kasasi, menjadi terang dan jelas diketahui bahwa harta First Travel hanya tinggal 25 miliar rupiah saja.

Apa yang janggal?

Berikut saya jabarkan!

Uang setoran jemaah First Travel, sekitar 14.5 juta rupiah per orang. Ada 63.310 ribu orang jamaah yang menyetorkan uang ke kas First Travel untuk berangkat beribadah Umrah dalam kurun waktu 2017 hingga 2018. Jika dijumlahkan maka aset yang harusnya berada di kas First Travel lebih dari nyaris 1 Triliun rupiah. Lalu kemana uang yang hampir 1 Triliun rupiah hanya tinggal 25 miliar saja?

Aiman Menelusuri Uang Siluman Ratusan Miliar

Program AIMAN yang akan tayang pada Senin (25/11/2019), akan menelusuri soal ini. Berbagai spekulasi disebutkan telah habis untuk jalan - jalan, kemewahan, serta modal membeli restoran di London, Inggris oleh duo terpidana suami istri pemilik biro perjalanan Umrah First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

Muncul pertanyaan, apakah mungkin dihabiskan sebanyak itu, sementara di periode 2017-2018 keduanya tengah disibukkan oleh berbagai keluhan, protes, hingga demonstrasi ribuan jemaah yang menuntut keberangkatan Ibadah umrah yang tak kunjung terbang.

Saya mewawancarai pengacara 3000 jemaah First Travel, Luthfi Yazid.

Apa yang saya dapatkan darinya, mengundang tanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x