Mohon tunggu...
Aika Hurairah
Aika Hurairah Mohon Tunggu... Penulis

Menulis dan hiduplah seribu tahun lagi

Selanjutnya

Tutup

Worklife

7 Tips Menjadi Pengangguran yang Bahagia

20 April 2021   08:37 Diperbarui: 20 April 2021   08:41 59 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Menjadi Pengangguran yang Bahagia
kajianpustaka.com

Siapa bilang pengangguran itu selalu ngenes atau menye-menye?! Apalagi di masa pandemi saat ini! Tergantung, kan, kita lihat dari perspektif mana, ahay. Josh gaskeun ... ini 7 tips trik pengangguran yang bahagia (ide artikel ini dari novel di wattpad @aika hurairah berjudul Pengangguran Yang Bahagia).

1. Cari teman senasib

Meskipun teman itu kadang bawel, hobinya minta traktir (kalo aku langsung keluarin hadits, nih, barangsiapa yang ~ ~). Tapi, di balik itu semua, mereka selalu mewarnai hidup kita sekalipun abu-abu. Kalo ketemu sama teman dijamin hilang. Hilang isi dompetnya hehehe, bukan-bukan, maksudnya hilang masalahnya, kita bisa bagi kegabutan kita, bikin hepi deh apalagi kalo kita sama-sama nganggur, makin hepi, tuh.

2. Bahagiakan diri dengan hobi

Akhirnya aku tahu betapa ngenesnya jadi pengangguran wkwkwk (soalnya udah lama gak nganggur, jadi lupa, sombong beuts hehehe). Nah, penting banget, nih, serius serius tingkat dewa, isi waktu nganggurmu dengan hobi, misal kamu suka nulis, nulis aja, asal jangan nulisin aib mantan bos, ya, ntar malah nambah dosa dan susah, nulis aja yang baik-baik, in shaa Allah aura kebaikan selalu terpancar eaaa ... misal kalo suka olahraga ya monggo, apalagi renang di laut tuh, benar-benar menghilangkan stress, gak hanya stressnya hilang, kamu pun bakal hilang kalo renangnya ke tengah laut (abaikan bagian ini), lakuin aja hobi kamu asalkan baik, sehat, dan tidak membuat dompet sekarat. Apalagi hobi yang lahirin duit misal nulis, gambar, masak, ngajar, dll.

3. Buat plan, mau lakuin apa

Meskipun pengangguran, bukan berarti waktunya jadi kebo atau jadi burung hantu, ya, tetap dijaga aktivitasnya misal bangun subuh, sholat, ngaji, gak tidur abis subuh, belajar, karena rejeki kita yang lagi pas-pasan bakal dipatuk ayam. Setelah itu mandi pagi, lakuin aktivitas bermanfaat, semisal belajar meningkatkan skill, biar nanti pas kerja bisa jual mahal dikit. Banyak juga gak papa (kalo gak disuruh pulang hehehe).

4. Tetap jaga silaturahmi
Silaturahmi. Tidak hanya memanjangkan umur, rezeki pun juga iya, barangkali ada info loker dari kenalan, karena bagaimanapun juga link itu salah satu faktor terbesar orang keterima kerja dengan lebih mudah. Contohnya gue hehehe (ketawa jahat).

5. Pandai berhemat 

Seperti yang kita alami bersama (kalo belum, cukup hayati saja, ya, bukan Zaenuddin), kalo kerja jadi pengangguran itu gak punya penghasilan lagi, kecuali dapat sedekah dari ortu atau Pak Jokowi. Nah, karena itu, dibutuhkan tips jitu dan perhitungan yang matang biar gak mati kelaparan (edisi lebay amat), misal dalam sehari budget 10k, ya, meskipun jaman-jaman agak jaya 30k dalam sehari atau lebih tentunya. 10k ini, bisa beli lauk aja dan bisa masak nasi, kalo gak punya ricecooker, beli nasi sekali saja terus dibagi 2x makan (atau cari warung yang bisa ambil nasi sendiri, lumayan, kan, kesempatan makan nasinya dijamak). Dan saat-saat nganggur ini merupakan kesempatan emas untuk belajar masak (lumayan biar jadi calon menantu idaman). Dapat plus-plus pokoknya. Dan lagi, makanan yang kita nikmati, misal nasi dan ciklor-maklor seharga 5k itu pun dibagi 2 sama teman kos, nikmatnya itu ya Allah, tidak akan kita dapatkan saat gaji kita mencapai M, M beneran, bukan ember, kalo gak percaya tanya aja sama crazy rich, gue belum pernah soalnya hehehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x