Mohon tunggu...
Aifa Dafa Assyifa
Aifa Dafa Assyifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Undip

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuatkan Lembaga Masyarakat, Mahasiswa KKN Ajak RT RW Desa Batunyana Tingkatkan Kualitas Administrasi

9 Agustus 2022   20:30 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:35 63 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bojong, Tegal (6/8). KKN Undip Tim II Periode 2021/2022 ini dilaksanakan dengan tema pulang kampung. Meski Begitu, pelaksanaannya tetap berdasarkan pada kebijakan daerah masing – masing. Kabupaten Tegal sendiri menempatkan mahasiswa KKN Tim II Undip pada desa yang membutuhkan.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022, Aifa Dafa Assyifa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mengajak RT dan RW Desa Batunyana, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal untuk meningkatkan kualitas administrasi dalam rangka mendukung tata kelola pemerintahan yang baik. 

Seperti yang kita ketahui bersama, RT dan RW merupakan garda terdepan dalam pemerintahan desa, segala sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat selalu diaspirasikan pada di RT dan RW, termasuk apabila terdapat masyarakat datang dan pergi. Sehingga, administrasi yang baik sangat diperlukan sebagai basis dalam pemberian pelayanan desa dan pada akhirnya tercipta kelembagaan yang kuat serta good governance.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 31 Juli 2022 secara langsung di Aula Balai Desa Batunyana yang diawali dengan koordinasi bersama Lurah Desa Batunyana untuk mengundang RT dan RW. 

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemberian pemahaman mengenai pentingnya administrasi di Tingkat RT dan RW, selanjutnya dilakukan pelatihan pengisian buku agenda surat masuk surat keluar dan buku tamu yang telah dibuat mahasiswa sebelumnya.

Melalui program ini diharapkan RT dan RW Desa Batunyana sebagai lembaga masyarakat terdekat dengan masyarakat dapat menyadari pentingnya administrasi dan melakukan pembenahan administrasi.  Sehingga dapat memberikan basis data yang baik pada Pemerintah Desa Batunyana dan akhirnya tercipta Desa Batunyana yang kuat dalam kelembagaan. 

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan