Mohon tunggu...
Aida Naabighotul
Aida Naabighotul Mohon Tunggu... Mahasiswa biasa

love your self

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Jitu Cara Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

25 Juni 2021   12:00 Diperbarui: 25 Juni 2021   12:02 25 1 0 Mohon Tunggu...

Maret 2020 Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan kabar yang menggemparkan masyarakat Indonesia yaitu virus COVID-19 yang sudah masuk di beberapa wilayah Indonesia. Pada saat itu juga, pemerintah membuat himbauan kepada masyarakat untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, semua kegiatan dilakukan di rumah. Semua toko perbelanjaan, sekolah, kantor, dan tempat wisata lainnya mendadak menjadi tutup dan sepi pengunjung. Tak hanya itu, semua masyarakat dibuat panik, berbondong-bondong membeli masker, sabun cuci tangan, dan hand sanitizer. Seketika itu, kehidupan masyarakat berubah bahkan bisa di bilang berubah sampai 360, perekonomian menjadi turun, PHK dimana-mana. Hari demi hari bulan demi bulan, kasus COVID-19 semakin tinggi dan tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan pada saat pandemi ini terutama kesehatan fisik dan mental agar imun tubuh tetap terjaga.

Menjaga kesehatan di masa pandemi merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua masyarakat agar terhindar atau mencegah virus. Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun harus dijaga. Terdapat hubungan antara kesehatan mental dengan kesehatan fisik dimana jika kesehatan mental baik maka kesehatan fisik juga dan tentunya akan menjaga imun jauh lebih baik. Hingga kini, pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Bahkan, kasus positif virus Corona terus mengalami peningkatan setiap harinya. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus ini. Di samping itu, kita juga dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.  

  • Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang
  • Makanan siap saji dan makanan instan memang menggoda. Namun, di waktu seperti ini ada baiknya jika perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur, buah-buahan, dan tetap menerapkan porsi sesuai isi piringku.
  • Olahraga 
  •  Lakukan kegiatan fisik minimal 3 kali seminggu, walaupun di rumah saja tetap lakukan olahraga fisik minimal selama 30 menit.
  • Mencuci tangan dengan sabun
  •  Sering mencuci tangan setelah melakukan kegiatan atau sebelum makan dan jangan lupa menggunakan sabun dengan menerapkan 7 langkah memcuci tangan yang baik dan benar.
  • Minum air putih
  •  Minum air putih sehari minimal 2 liter kurangi konsumsi minuman soda, kopi, dan alkohol.
  • Istirahat yang cukup
  •  Walaupun bekerja dari rumah, tapi istirahat dan tidur jadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

VIDEO PILIHAN