Mohon tunggu...
Ai Chairani
Ai Chairani Mohon Tunggu... If you believe than it will come true

Hi! I'm Ai, 18 y.o, nice to meet you! Malang, East Java, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Atletik

4 Tips Lari Jarak Jauh bagi Pemula

14 Oktober 2020   13:25 Diperbarui: 14 Oktober 2020   13:31 14 0 0 Mohon Tunggu...

Berlari merupakan hal umum yang dilakukan banyak orang untuk menyehatkan badan mereka. Namun beberapa orang merasa kesulitan untuk berlari jarak jauh secara konsisten. 

Yuk, simak tips berikut! 

1. Gunakan pakaian olahraga

Atasan berbahan kaos katun dan celana training yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar akan memberi ruang udara dan ruang gerak agar gerakan saat berlari tidak terbatas. Untuk teman-teman yang berhijab, saya sarankan untuk memakai hijab langsung pakai berbahan kaos yang panjangnya tidak melebihi area siku tangan. 

2. Sepatu yang tepat

Untuk berlari, sebaiknya jangan menggunakan sepatu flat. Sepatu flat akan mudah rusak jika digunakan untuk berlari. Selain itu, kakimu juga akan terasa berat karena bentuk ujung depan sepatu tidak melengkung. Dan jangan lupa memakai kaos kaki yang menurutmu nyaman. 

3. Hindari berhenti di tengah perjalanan. 

Berlari secara pelan tapi konstan lebih baik daripada berlari dengan cepat lalu berhenti untuk mengambil nafas. Jika kamu berlari dengan irama yang konstan,  kamu dapat menikmati olahragamu karena nafas yang keluar dan masuk ke dalam tubuh juga akan teratur. 

4. Medan yang tepat

Pilihlah medan yang lurus seperti tanah lapang atau aspal (tidak berbatu dan tidak licin). Medan yang salah akan menghambat gerak kaki dan membuat nafas menjadi tidak teratur, akibatnya kamu akan merasa lelah diawal sebelum mencapai target jarak jauh. 

Tips diatas merupakan pengalaman saya dalam berlari. Semoga dapat membantu. Silahkan tulis dikolom komentar apabila kamu punya tips lain yang perlu diperhatikan dalam berlari! Terimakasih. 

VIDEO PILIHAN