Nama : Mahyarani Ridha
Nim : 0306171064
Prodi ; Pendidikan Guru Madrasah IBtidaiyah
STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM DI ERA NEW NORMALÂ
      Kegiatan pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar dan mengajar, yang terdiri dari guru dan siswa dengan tujuan pematangan intelektual, kedewasaan, emosional, moral dan sebagainya. Relasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran ini sangat menentukan keberhasilan pebelajaran yang diselenggarakan lembaga pendidikan.
      PAIKEM adalah sebuah strategi pendekatan intruduksional yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan ketermpilan, sikap dan pemahaman kegiatan dengan penekanan belajar sambil bekerja secara mandiri. PAIKEM merupakan akronim dari pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan.
      Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru harus menciptakan suasana menyenangkan yang mendukung siswa untuk lebih aktif bertanya, mempertanyakan pelajaran, dan mengemukakan gagasan, serta berkreasi sesuai dengan hasil belajarnya. Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam, sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Efektif berarti proses pembelajaran tersebut bermakna bagi siswa. Efektif berarti proses pembelajaran tersebut bermakna bagi siswa.
      Menurut Sriudin, awal mula istilah PAIKEM dikembangkan dari AJEL (Active Joyfull and Efective Learning). Untuk pertama kali di Indonesia, pada tahun 1999 disebut PEAM (Pembelajaran Efektif, Aktif dan Menyenangkan). Seiring dengan perkembangan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), pada tahun 2002 istilah PEAM diganti menjadi PAIKEM, yaitu kependekan dari pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
      PAIKEM belum layak disebut pendekatan pembelajaran, karena belum ada teori atau literature yang mendasarinya, tetapi sebuah istilah yang mengintegrasikan dan mengkompilasikan sejumlah pendekatan pendekatan pembelajaran yang bertujuan menstimulasi guru untuk dapat merancang pembelajaran yang kreatif inovatif.
      Untuk itu, pembelajaran bernuansa PAIKEM diarahkan pada pembelajaran yang berpola permainan (game) yang kemudian dikenal dengan model-model pemebelajaran. Para ahli pembelajaran telah merancang sejumlah model pembelajaran seperti model Jigsaw, Problem Based Instruction (PBI), Think, Oair, and Share (TPS), dan sebagainya.
      Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) uang berorientasi menggali dan mengembangkan potensi siswa dengan metode pembelajaran lebih aktif pada anak didik. Dengan ada nya strategi ini, diharapkan mampu secara efektif dan efisien serta menyenangkan dalam keberhasilan proses pembelajaran.Â