Strategi pembelajaran berasal dari bahasa Latin yakni "Strategia" yang artinya seni penggunaan rencana dalam meraih suatu tujuan. Pada mulanya, istilah itu sering digunakan dalam dunia militer tetapi sekarang istilah ini sudah sering dipakai pada berbagai bidang termasuk pembelajaran.
Strategi adalah cara atau usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Istilah strategi juga terdapat dalam beberapa konteks dengan makna yang berbeda. Sama seperti memiliki kemiripan dengan pendekatan, model, metode, ataupu teknik pembelajaran. bahwa strategi adalah cara atau usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Istilah strategi juga terdapat dalam beberapa konteks dengan makna yang berbeda. Sama seperti memiliki kemiripan dengan pendekatan, model, metode, ataupun teknik pembelajaran.
Lalu apa yang dimaksud dengan strategi pembelajaran? Sebelumnya akan disajikan beberapa definisi dari strategi pembelajaran menurut ahlinya sebagai berikut:
1. Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) Â Â Â Â
Pengertian strategi pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril adalah strategi mengorganisasikan isi pelajaran disbut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensistesi fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan.
2. Gerlach dan Ely (1980)
Pengertian strategi pembelajaran menurut Gerlach dan Ely adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri atas sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
3. Frelberg dan Driscoll (1992)
   Strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa berbeda dalam konteks yang berbeda pula.
4. Dick dan Carey (1985)
Pengertian strategi pembelajaran menunur Dick dan Carey adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.