Mohon tunggu...
Ahsanuddin SPd
Ahsanuddin SPd Mohon Tunggu... seorang guru

oke

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jurus Jitu Menulis Kisah Perjalanan

22 November 2020   11:42 Diperbarui: 22 November 2020   11:45 3 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurus Jitu Menulis Kisah Perjalanan
pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com

Bagaimana menulis kisah perjalanan menjadi sebuah artikel/buku? Anda tertarik! Atau Anda penasaran! Atau biarkan kisah perjalanan Anda hilang begitu saja hanya menjadi sebuah cerita mulut! Bahkan perjalanan  yang indah telah Anda lupakan!

Apa sih perjalanan itu? Menurut Wikipedia Indonesia, perjalanan adalah pergerakan orang antar lokasi geografi yang jauh. Perjalanan dapat dilakukan dengan kaki, sepeda, mobil, kereta, perahu, bus, pesawat, kapal atau alat lainnya, dengan atau tanpa bagasi. Perjalanan juga dapat meliputi persinggahan yang relatif singkat antar pergerakan berkelanjutan.

Bagi yang kreatif akan menjadikan kisah perjalanannya menjadi sebuah karya tulis. Karya yang bisa dinikmati oleh orang lain yang membacanya. Juga bisa menjadi referensi ketika si pembaca ada kesempatan berkunjung.

Walau mungkin tidak ada kesempatan berkunjung, setidaknya bisa menjadi referensi cerita tentang suatu daerah. Seperti saya yang belum pernah ke Makkah untuk menjalankan Ibadah Haji. Dengan membaca buku pengalaman kisah perjalanan haji, maka akan bisa dibayangkan bagaimana keadaan di Makkah saat pelaksanaan ibadah haji.

Kegiatan belajar menulis online bersama Om Jay kali ini yang menjadi narasumber adalah Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si. Beliau adalah seorang dosen dan penulis buku yang sudah keliling 70 negara dan 5 benua.

Hebat sekali Pak Taufik! Kok hebat. Ya, kan bisa ke 5 benua. Saya aja di Indonesia belum semua pulau dikunjungi. Hanya Pulau Jawa saja, karena kebetulan saya di Jawa. Pulau yang lain belum pernah, kecuali Pulau Madura. Semoga kisah perjalanan Pak Taufik bisa menjadi bahan referensi saat ada kesempatan ke mancanegara.

Beliau termasuk orang yang kreatif. Karena tidak membiarkan kisah perjalanannya hilang begitu saja. Ia tuliskan kisah perjalanannya menjadi sebuah buku. Rasa ingin berbagi pengalaman yang mendorong beliau untuk menulis kisahnya.

Berbagai artikel perjalanan ke berbagai negara beliau tulis, termasuk artikel perjalanan ke Meksiko yang ada di buku Tamasya ke masa depan Jikid 2. Beberapa buku karangan Pak Taufik dengan nama pena TAUFIK UIEKS, seperti:

1. Mengembara ke masjid-masjid di pelosok dunia, tahun 2015

2. 1001 Masjid di 5 benua Mizan 2016

3. Jejak langkah menuju Baitullah jilid 1-3. Tahun 2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN