Aris Haryanto
Aris Haryanto

Sekeping uang logam tidak akan membuat anda kaya. Tapi usaha dan keuletan akan membuat kepingan uang menjadi sesuatu yang berguna. Jasa Server Pulsa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

(Share) Cara Membuat Server Pulsa Elektrik Secara Mudah dan Murah bagi Pemula

14 Juni 2018   09:29 Diperbarui: 14 Juni 2018   09:52 840 0 0

Bagaimana cara membuat server pulsa jika saya seorang pemula? Sebuah pertanyaan yang pasti terlontar dari seseorang yang baru saja mengenal istilah server pulsa dan ingin memulai usaha ini. Ya, bisnis server pulsa memang tidak semua orang mengenalnya, atau bisa dikatakan bisnis ini bukan bisnis yang familiar.

Namun jika anda orang yang pernah menggeluti dunia penjualan pulsa, setidaknya akan menjadi bekal ketika akan membuat server pulsa ini. Maka perlu diketahui, dengan minimnya  pengetahuan orang mengenai server pulsa, maka disitulah sebuah peluang usaha dimana orang lain tidak menyadarinya. Dan artikel ini mudah-mudahan menjadi bekal pengetahuan anda yang akan memulai usaha server pulsa ini.

Prinsip Dasar Server Pulsa dan Cara Kerjanya

Jika anda ingin tahu cara membuat server pulsa bagi pemula, maka ada baiknya anda memahami prinsip dasar dari server pulsa. Sebuah konter pulsa harus menyediakan pulsa lengkap jika tidak ingin mengecewakan pelanggan. Dan jika pada jaman dahulu awal tahun 2000 an, dimana mulai muncul voucher pulsa elektrik yang menggeser voucher fisik, maka seorang konter pulsa harus menyediakan beberapa HP untuk menjual pulsa.

HP A untuk mengisi stok pulsa dari Telkomsel, HP B untuk mengisi stok pulsa dari Indosat, HP C untuk mengisi stok pulsa dari XL da seterusnya. Dan jika menghendaki secara lengkap, minimal menyiakan 5 HP untuk melayani  pulsa setiap operator. Bisa dibayangkan betapa ribet dan pusingnya sistem penjualan ini. Dan betapa susahnya jika pembelian pulsa sedang padat-padatnya dan anda harus bergonta-ganti HP.

Dari situlah berkembang dan munculah sebuah sistem penjualan pulsa, dimana pulsa dari setiap operator, dimasukan kedalam satu sistem terlebih dahulu, kemudian bisa diakses oleh konter pulsa hanya dengan satu nomor HP saja. Dan inilah yang namanya sistem penjualan  pulsa elektrik one chip all operator. Dan sistem inilah yang dikenal dengan server pulsa elektrik all operator.

Dengan adanya server pulsa elektrik all operator, maka penjualan pulsa yang tadiknya tidak praktis, kini menjadi lebih praktis, karena hanya dengan satu HP saja, penjual pulsa sudah bisa melayani semua jenis produk pulsa. Tidak perlu menyiapkan banyak HP untuk masing-masing stok dari masing-masing provider pulsa. Jadi prinsip dasar server pulsa adalah menyederhanakan sistem penjualan pulsa, bukan sistem pembuat pulsa.

Alat-alat Untuk Server Pulsa

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun server pulsa cukup mudah didapatkan di Indonesia. Dan berikut ini penjelasan dari alat-alat server pulsa sebagai bekal pengetahuan bagaimana cara membuat server pulsa bagi seorang pemula:

1. Komputer

Komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam membuat server pulsa. Seperti apa spesifikasi komputer yang bisa untuk membuat server pulsa? Komputer yang harus disediakan berspesifikasi minimal Dual Core Ram 1 GB. Semakin tinggi semakin bagus. PSU minimal 500 watt dan berpendingin cukup. Komputer ini akan bekerja menyala terus menerus setiap hari selama 24 jam, sehingga dibutuhkan komputer berdaya tahan baik.

Komputer yang berdaya tahan baik memiliki power suply dan sistem pendingin yang baik. Bagaimana dengan laptop? Bisa digunakan karena memiliki sistem operasi yang sama persis dengan komputer, tetapi tidak bisa diandalkan dalam hal daya tahan. Laptop didesain untuk kepraktisan, bukan untuk daya tahan.

2. Modem SMS

Modem SMS, berbeda dengan modem internet biasa. Modem SMS ini berguna untuk menerima SMS dan kirim SMS dalam jumlah banyak, bertubi-tubi dan terus menerus. Modem biasa atau modem internet GSM bisa difungsikan untuk beban kerja seperti ini, tetapi cepat panas dan akhirnya hang.

Modem SMS didesain sedemikian rupa sehingga sangat tangguh untuk SMS Center/ Sender. SMS Center adalah SMS yang perisi perintah transkasi dari agen, misalnya perintah isi pulsa, perintah cek harga dll. SMS Sender adalah terminal SMS yang berfungsi untuk membalas semua pesan yang dikirim oleh agen tadi. Kerja SMS Center/ Sender saat ini makin ringan saja, karena beberapa server memfasilitasi transkasi melalui fitur Telegram, Whatsapp, Facebook dan applikasi lain.

3. Software Pulsa

Software pulsa ini berfungsi untuk mengatur semua perintah transaksi dari agen dan mengeksekusi pengisian pulsa. Ibarat tubuh manusia, softare pulsa seperti otak manusia. Dari software lah semua proses pengisian pulsa bisa menjadi otomatis tanpa ada campur tangan manusia. Pilihan software pulsa pun bermacam-macam, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit, yang murah sampai yang mahal, yang asli sampai yang bajakan.

4. UPS/ Genset

Sistem server pulsa menuntut untuk  berjalan selama 24 jam atau minimal 20 jam sehari. Jika sistem berhenti maka pengisian pulsa tidak akan bisa berjalan. Sementara, kebutuhan pulsa saat ini bisa terjadi kapan saja. Bayangkan pukul 23.00 ada agen mengisi token PLN karena mendesak untuk diisi. Jika server pulsa anda mati, maka pengisian ini akan gagal.

Maka, sebisa mungkin server pulsa anda berjalan 24 jam. Begitu juga pada saat listrik PLN padam, maka harus ada daya pengganti atau cadangan. UPS bertugas menggantikan daya PLN yang padam, namun hanya bertahan 10 menit saja. Untuk itu perlu disediakan genset. Atau UPS tadi dimodifikasi dengan bateri eksternal ( aki) sehingga lebih tahan lama. UPS semcam ini dikenal dengan UPS modifikasi.

5. Koneksi Internet

Koneksi internet sangat dibutuhkan dalam mengkoneksikan server anda dengan vendor H2H ( jika memakai stok H2H) dan untuk aktifivas Center/ Sender yang menggunakan aplikasi telegram, WA dll. Jika anda menggunakan stok chip dari provider, tidak membutuhkan koneksi internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2