Mohon tunggu...
Ahnaf Rjd
Ahnaf Rjd Mohon Tunggu... Penulis - Penulis titik!

Isinya Random

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Orang yang Tidak Pakai Pakaian Islami adalah Bid'ah?

21 November 2021   09:09 Diperbarui: 19 Maret 2022   07:55 182 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Halo kompasianer, gimana kabar kalian semua, semoga sehat sehat selalu ya, Amin. 

Aku mau cerita ni, minggu-minggu ini kaya nya ko aku bosen banget ya, ga tau kenapa, mungkin karena terlalu lama dirumah, atau terlalu lama menjomlo, bwahahahaha kaya yang baca ini juga lagi jomblo, canda.

Kompasianers tau ga pakaian adat Indonesia apa? apa coba yang bener aku kasih motor. 

Ya betuullll, Batik. Pakaian yang menjadi wajah Indonesia di kancah internasional ini memang bukan sembarang pakaian ya guys ya, pakaian bernilai juga ni bos. 

Tapi apa si hukum pake batik dari perspektif islam?

Kita coba tarik ke Zaman Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam, tau gasi kalo beliau mengenakan jubah dan imamah sebagai outfit sehari-harinya? tau ga kenapa Rasul pake itu? karenaaa Rasul mengikuti pakaian budaya setempat. 

Jubah dan imamah yang biasa antum antum lihat di Arab itu, bukan pakaian islami, tapi pakaian budaya Arab, jangan keliru yaa. Sementara, pakaian islami adalah pakaian yang memenuhi syariat, contohnya menutupi aurat, coraknya yang sopan, kalo pakaiannya udah menutup aurat tapi corak nya gambar anu anu, ya tetap aja ga boleh dipake, hahaha.

Betewe, pakaian budaya di Indonesia adalah batik, jadiiii hukum memakai batik adalahh...adalahh...apa coba. 

Ya, memakai batik termasuk Sunnah. 

Loh ko bisa? bisa dong. Kan Rasul memakai pakaian budaya setempat, jadi kita mengikuti Junjungan kita, dengan memakai pakaian budaya yang ada, salah satunya Batik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan