Mohon tunggu...
Ahmad Zainuddin
Ahmad Zainuddin Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Aktif Universitas Pamulang

"Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain" Universitas Pamulang 📚

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Faktor Anak Usia Dini Sulit Berbahasa Dengan Baik

11 Juli 2021   22:07 Diperbarui: 11 Juli 2021   22:34 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Faktor Anak Usia Dini Sulit Berbahasa Dengan Baik
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental. Maka perlu dengan adanya pendidikan sejak dini  untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan baik berpikir dan juga berbicara. Masa anak usia dini sering disebut dengan istilah masa emas. Pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa daya ingat untuk tumbuh dan berkembang secara cepat dan hebat. Perkembangan setiap anak tidak sama karena setiap individu memiliki perkembangan yang berbeda, ada yang memiliki gangguan baik fisik maupun mental. Usia terpenting yang dalam perkembangannya sangat perlu dipantau karena pada masa ini perkembangan pada masa ini sangat cepat terutama dalam berbicara dengan bahasa yang baik tanpa gangguan.


Bahasa adalah bentuk aturan atau sistem lambang bunyi yang digunakan anak dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya yang dilakukan untuk bertukar gagasan, pikiran dan emosi. Sedangkan Gangguan berbahasa adalah ketidakmampuan atau keterbatasan dalam menggunakan simbol linguistik untuk berkomunikasi secara verbal atau keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa pada anak usia dini. Oleh sebab itu bila gangguan bicara dan bahasa pada anak usia dini tidak diterapkan dengan tepat akan terjadi gangguan kemampuan berbicara baik dalam pelafalan atau pengucapan.

Orang tua perlu memahami perilaku bermasalah ini sebab anak yang mengalami gangguan biasanya tampak diketika di ajak berbicara dengan orang lain dia menampakkan perilaku bermasalah itu dalam keseluruhan interaksi dengan lingkungannya. Dengan bahasanya, manusia berkomunikasi untuk bersosialisasi dan menyampaikan hasil pemikirannya. Identifikasi dini keterlambatan bahasa harus memecahkan masalah utama yaitu masalah gangguan dalam kemampuan berbicara pada anak usia dini. Banyak anak usia dini yang mengalami keterlambatan berbicara dengan bahasa yang baik pada usia dini karena faktor orang tua.

Pada umumnya, anak terlambat bicara dengan baik dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor lingkungan sekitar nya karena minimnya komunikasi dari orangtua dan juga bahasa yang diucapkan oleh orang tua dapat mempengaruhi anak berbicara tidak dengan bahasa yang baik. Itu sebabnya, anak butuh dukungan dan stimulasi dari para orangtua untuk mendukung tumbuh perkembangnya serta agar dibiasakan berbicara menggunakan bahasa yang baik.

Berbicara menggunakan ejaan yang benar kepada anakpada saat anak baru mulai mencoba mengembangkan kemampuannya dalam berbicara memberikan cara pengucapan yang jelas dan benar serta menjelaskan kepada anak dengan penuh ekspresi. Gerakan bibir harus jelas dan benar sehingga anak dapat memahami kosa kata tanpa adanya kesalahan sehingga si anak dapat berbicara menggunakan bahasa yang jelas dan benar.

Berdasarkan uraian di atas,dapat disimpulkan bahwa faktor orang tua sangatlah penting bagi anak usia dini yang mengalami gangguan berbicara pada anak usia dini dengan bahasa yang baik bisa diatasi dengan berbagai cara yaitu dengan bicara lambat kepada anak, dan berbicara dengan ejaan yang benar kepada anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan