Mohon tunggu...
AHMAD WAHYUDI
AHMAD WAHYUDI Mohon Tunggu... Penulis - Author

ūüźĮ it's time to coffee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Melawan Stress Karena PPKM

25 Juli 2021   19:50 Diperbarui: 25 Juli 2021   19:55 70 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melawan Stress Karena PPKM
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semenjak Covid-19 atau yang kita kenal dengan sebutan corona menyerang Negara Indonesia, banyak aktivitas atau gaya hidup yang telah berubah dalam kehidupan Masyarakat. Dimulai dari yang paling sederhana seperti selalu memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak. Tetapi apakah hanya itu saja? Tentu tidak. kita ambil contoh seorang siswa, biasanya seorang siswa  pergi bersekolah menaiki angkutan umum ataupun di antar oleh orang tua. 

Tetapi, pada masa sekarang tentu tidak bisa melakukan hal itu lagi. Karena, Sejak pandemi melanda dunia semua dilakukan secara online. Termasuk belanja, sekolah, bekerja maupun membayar pajak. Di tambah lagi dengan peraturan  baru dari pemerintah yaitu  PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) membuat warga panik dan kegiatan mereka terbatasi.

Hal tersebut membuat kita selalu berada di rumah aja. Tentunya bagi para remaja yang senang untuk berpergian merasa bosan, karena mereka menghabiskan waktunya sehari-hari hanya di rumah. Namun, apakah berada di rumah sebegitu menyebalkan ? jawabannya adalah tidak. Banyak yang bisa kita lakukan saat di rumah.

Contohnya, belajar, berolahraga, membuat kue/masakan, menonton tv bersama keluarga, mendekorasi ruangan, dan masih banyak hal lain. Karena rumah adalah tempat yang paling nyaman dan aman untuk kita melakukan aktivitas selama pandemi.
 
Bagaimanapun, tidak semuanya merasa seperti itu. Sebagian remaja bahkan masyarakat merasa stress karena pembelajaran jarak jauh ditambahaktivitas yang sangat terbatas ketika keluar rumah, sehingga banyak dari mereka mengisi kegiatan dimasa pandemi ini misalnya menonton sebuah drama yang sekarang lagi digandrungi oleh kalangan remaja, drama korea pun mereka pilih sebagai refreshing bagi pikiran agar tidak terlalu stress, banyak drama korea yang memiliki nilai moral yang bisa diambil, dan sekaligus belajar budaya negara lain lewat drama. 

Selain itu film korea maupun hollywood pun menjadi list bagi mereka pecinta film yang tidak bisa pergi ke bioskop namun bisa melihat lewat platform berbayar, sehingga mereka tidak perlu keluar rumah untuk pergi kebioskop, untuk masalah kebutuhan rumah tangga pun sekarang sudah bisa dilakukan dierapandemi ini karena sekarang banyak aplikasi penyedia jasa fast food, driver dan juga kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, hampir semua kegiatan mulai dari pembayaran, belanja dan sekolah di lakukan secara online, jadi banyak aplikasi online yang sangat membantu kegiatan tersebut.

Kesadaran diri sendiri dalam mejalankan peraturan pemerintah selama PPKM juga di perlukan dalam hal ini. Hendaklah kita mematuhi protokol kesehatan ketika sedang berada di luar dan tetap memakai masker meskipun hanya pergi sebentar. Tetapi, alangkah lebih baik, kita tetap berada di rumah saja, jangan pergi jika tidak terlalu penting.

Tetap jaga kesehatan diri maupun kesehatan orang lain. Marilah bersama kita membangun kembali Negara kita tercinta ini dengan kebersihan serta kesehatan, agar kita bisa melakukan aktivitas seperti sediakala  berkumpul bersama keluarga, teman ataupun kerabat lain. Salam Sehat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN