Mohon tunggu...
Ahmad Sapei
Ahmad Sapei Mohon Tunggu...

Mohon maaf yah ga ada BIO !

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Petunjuk Keamanan Pengoperasian Genset yang Benar

22 Oktober 2015   16:17 Diperbarui: 22 Oktober 2015   16:17 0 0 0 Mohon Tunggu...

Genset atau generator set dirancang dengan pertimbangan yang tinggi dari segi keamanan. Sebagus apapun itu genset yang dimiliki, apabila tak memperhatikan petunjuk keamanan da cara menggunakan yang benar maka akan sia-sia. Nah berikut ini petunjuk keamanan pengoperasian genset.

Mengoperasikan dengan benar

Jalankan genset sesuai dengan petunjuk yang tertera di buku petunjuk pengoperasiannya. Jangan sesekali mengoperasikan genset apabila tak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan dengan baik.

Jauhkan genset dari tempat yang basah

Jangan menyalakan genset di area yang terdapat genangan air sebab akan berisiko terjadinya korsleting. Sebaiknya pasang grounding, dan berikat atap pelindung.

Peletakan genset

Genset mesti diletakkan di area yang rata ataupun di atas fondasi yang kokoh serta tak labil. Fondasi yang tak kuat bisa mengakibatkan kerusakan pada genset.

Jagalah kebersihan genset

Rawatlah genset supaya selalu terlihat bersih. Jangan membiarkan adanya kebocoran. Bersihkanlah genset dari debu ataupun kotoran yang menempel pada radiator. Jangan sesekali meletakkan barang yang tak penting di sekitar genset.

Lakukan perawatan genset secara teratur

Rawat genset dengan baik serta ikuti petunjuknya. Gunakanlah bahan bakar serta oli peluas sesuai dengan yang di anjurkan oleh pabrik pembuat genset tersebut. Ganti sparepartnya dengan menggunakan sparepart asli supaya genset bisa beroperasi dalam waktu yang lama.

Perhatikan sirkulasi udara

Apabila genset dinyalakan di dalam ruangan, maka ruangan tersebut mesti terdapat ventilasi yang baik. Asap yang keluar sangat beracun, maka dari itu mesti terbuang ke luar ruangan dengan baik.

Matikan mesin segera jika ada kejadian yang tidak normal

Apabila genset tak beroperasi dengan baik maupun menujukan ketidaknormalan semisal getarannya tinggi, suaranya keras maupun tersendat-sendat maka segara matikan serta perbaiki permasalahannya.

Hindari beban lebih (overload)

Pada genset terdapat sebuah circuit breaker atau MCCB yang berguna sebagai pengaman beban berlebih di mana akan bekerja apabila terjadi kelebihan beban. Apabila hal tersebut terjadi maka mesti dilakukan pengurangan sebelum genset dihidupkan.

Jangan sentuh terminal output

Sewaktu genset sedang menyala, jangan menyentuh terminal outputnya sebab bisa menimbulkan sengatan listrik. Putuskan MCCB jika hendak melakukan pemasangan kabel Power.