Mohon tunggu...
ahmad syaihu
ahmad syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru MTsN 4 Kota Surabaya
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis dan membagikan tulisan kepada orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengurai Peran Perpustakaan dalam Kurikulum Merdeka

14 November 2022   01:20 Diperbarui: 14 November 2022   01:38 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa menyelesaikan tugas di perpustakaan (dokpri)

Kurikulum Merdeka memberikan kemerdekaan kepada guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa, sementara siswa memiliki kemerdekaan untuk mencari sumber ilmu tidak melulu dari guru.

Salah satu tempat terbaik bagi siswa untuk belajar adalah memanfaatkan Perpustakaan sebagai sumber dan tempat belajar.

Perpustakaan merupakan jantung ilmu dari sebuah lembaga pendidikan, oleh karenanya keberadaan perpustakaan di MTsN 4 Kota Surabaya adalah suatu keniscayaan.

MTsN 4 Kota Surabaya di tahun pelajaran 2022-2023 memiliki siswa sebanyak 700 dengan 60 tenaga pendidik dan kependidikan yang semuanya membutuhkan perpustakaan sebagai sarana mencari sumber belajar yang kompeten dan relevan.

Menurut Kepala Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya, Siti Masfufah, S.Pd., keberadaan perpustakaan sangat bermanfaat bagi siswa ketika mendapatkan tugas dari Bapak/Ibu guru yang harus melengkapi sumbernya dari bahan perpustakaan yang tersedia di Perpustkaan MTsN 4 Kota Surabaya

Kondisi ruang Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya sedang mengalami rehab sehingga pelayanan kepada pengunjung dalam hal ini siswa dan guru mengalami kendala. Buku akhirnya tertumpuk dalam suatu ruangan, namun proses pelayanan peminjaman tetap berjalan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu untuk sementara buku perpustakaan di sebar ke kelas-kelas ditempatkan di almari khusus yang akan digunakan kegiatan harian membaca lima belas menit sebelum pembelajaran, untuk buku-buku agama dan Al quran di tempatkan di rak-rak di masjid Al Hikmah MTsN 4 Kota Surabaya karena setiap pagi setelah salat duha anak-anak wajib membaca Al Quran bersama-sama.

Untuk memaksimalkan fungsi dan manfaat perpustakaan agar bisa maksimal Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya mencanangkan slogan

Gemar Membaca Menulis yang merupakan akronim dari :

G elorakan rasa cinta perpustakaan di kalangan siswa dan guru madrasah agar bisa memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan fungsi dan perannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun