Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Suka menulis dan berbagi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

BNPB Bertanggung Jawab agar Bantuan Tepat Sasaran

1 Desember 2022   20:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   20:55 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Gempa bumi yang terjadi di wilayah Cianjur sudah berlangsung sepuluh hari lalu.

Update terakhir yang disampaikan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dua hari lalu menyebutkan bahwa lebih dari 350 orang meninggal dunia, puluhan orang masih belum diketemukan ribuan orang luka-luka, puluhan bahkan ratusan ribu  rumah penduduk dan fasilitas umum rusak serta puluhan ribu pengungsi yang tersebar di berbagai tempat.

BNPB selaku penanggung jawab lapangan dan koordinator utama penaggulangan bencana dibantu tim SAR, TNI Polri, Pemda Cianjur, Pemda Jawa Barat, PMI dan relawan bahu membahu mendistribusikan bantuan baik dari Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, Pihak Swasta, Donasi dari masyarakat.

Untuk itu perlu langkah -langkah yang terencana, terstruktur dan terprogram dalam pendistribusian bantuan kepada para korban bencana Gempa Cianjur

1. Penanggung Jawab utama Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) yang melakukan koordinasi kepada semua pihak untuk kegiatan penanggulangan korban, pencarian korban, perawatan dan pemakaman korban yang meninggal serta penyaluran distribusi bantuan secara cermat, cepat dan akurat.

2. BNPB bekerjasama sama  dengan aparat Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Cianjur untuk pendataan korban, pembagunan tempat pengungsian dan pendistribusian bantuan kepada korban.

3. BNPB bertanggung jawab mengumpulkan bantuan dari berbagai instansi, mendata dan menghitung serta mendistribusikan bantuan kepada yang berhak menerimanya.

4. BNPB bertanggung jawab mendistribusikan bantuan sesuai dengan data dan kebutuhan ke tempat -tempat pengungsian.

5. Memantau dan mengawasi pendistribusian bantuan kepada pengungsi yang bekerja sama dengan relawan dan aparat desa agar datanya tepat dan akurat, serta bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun