Mohon tunggu...
Ahmad Sahudin
Ahmad Sahudin Mohon Tunggu... Guru - Kepala SDN 2 Sekotong Timur
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya adalah seorang guru yang suka mengekspresikan diri dengan foto-foto dan jalan-jalan menikmati keindahan alam.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Motivasi Menulis dan Menerbitkan Buku

18 Juli 2022   21:13 Diperbarui: 18 Juli 2022   21:16 88 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

PERTEMUAN KE-27 GELOMBANG 26

MOTIVASI MELNULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NARASUMBER        : DAIL MA'RUF, M.Pd

MODERATOR          : AROFIAH AFIFI

Dalam setiap pekerjaan atau kegiatan pasti diawali dengan semangat yang membara. Namun, tidak jarang manakala kegiatan itu sudah berada pada fase tengah atau di penghujung tidak luput dari godaan dan kendala. Termasuk juga pada kegiatan menulis. Seorang calon penulis atau bahkan penulis pasti akan berhadapan dengan godaan dan kendala yang menghadang. 

Di antara godaan dan kendala yang merintanginya seperti rasa malas, kehabisan ide,  insecure alias timbul rasa takut atau  hawatir bacaannya kurang bagus, hawatir tidak ada yang baca, tidak Pede atau Atau bahkan kita merasa bosan dengan aktivitas aksara.

Godaan dan kendala di atas memang benar adanya dan suatu hal yang wajar, tetapi semua godaan dan kendala tersebut harus mampu kita minimalisir dan mencari solusinya agar tidak berlarut. Kalau dibiarkan berlarut, maka seorang penulis akan mengalami kevakuman.

Seperti mendaki sebuah gunung ketika sudah naik mengajak dan mendekat  sampai tujuan, akan terasa sangat berat. Pada Awal mendaki kita semangat sekali, tapi begitu ke atas semakin berat dan tak sedikit yang menyerah, Agus. Tapi kita harus ingat dibalik pendakian yang melelahkan akan ada pemandangan indah yang akan membayar lunas semua lelah.

Untuk mengembalikan semangat, maka harus dicari solusi . Solusinya apa ? Dengan cara apa? Maka jawabannya adalah dengan cara membangkitkan kembali motivasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan