Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Pembaca buku

Mohon doa untuk saya dan keluarga agar sehat lahir batin, dimudahkan dalam urusan rezeki, dan berkah dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Respons Murid Bahtera atas Gempa Cianjur

8 Desember 2022   11:48 Diperbarui: 8 Desember 2022   12:03 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mungkin sama dengan sekolah lainnya di Kota Bandung ini, bulan ini momen penilaian akhir semester di Sekolah Bahtera Bandung. Saya sebagai pengajar tentu menyiapkan bentuk evaluasi untuk para murid.

Dahulu saat awal mengajar di Sekolah Bahtera Bandung, selain esai dan pilihan ganda terdapat soal tambahan yaikni apresiasi berupa pendapat dari para murid yang sifatnya bebas. 

Tentang yang disukai dan tidak di sekolah, yang ingin dan tidak dilakukan di sekolah, termasuk saran untuk para guru dan perbaikan yang perlu dilakukan di sekolah dan harapan para murid.

 Ini bisa disebut ruang curhat murid dalam bentuk tertulis. Sekarang soal yang disajikan berbentuk pilihan ganda dan esai. Kemudian ada ujian praktek untuk seni budaya dan olahraga.

Sebagai pengajar keagamaan, saya ingin menyajikan bentuk soal yang relevan dengan situasi nasional. Alasannya agar para murid peduli dengan keberadaan masyarakat di daerah lainnya. 

Pada tiap level saya beri satu soal esai yang kontekstual untuk melihat cara pandang dan respons murid atas situasi nasional. Tentu masih dalam lingkup pelajaran yang saya ampu.   

Di antara yang saya ajukan sebagai soal esai, sebagai berikut. Pertama, bahwa bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat, telah menggerakkan orang-orang dari berbagai kalangan masyarakat untuk memberikan bantuan dalam berbagai bentuk seperti tenda pengungsian, makanan dan minuman, pakaian dan kebutuhan lainnya.

Di tengah situasi bencana tersebut ada segelintir orang yang mencopot logo yang mengatasnamakan lembaga non Muslim. Tentu yang menolak dan mencopot itu dari aspek toleransi kurang memahami pentingnya persaudaraan dalam kemanusiaan. Menurut kamu, apa yang harus dilakukan agar orang-orang yang tidak toleran itu berubah!

Inilah jawaban dari seorang di antara para murid: "Yang harus dilakukan agar orang orang tidak toleran itu berubah ialah pertama dia harus tahu dahulu apa itu toleransi. Karena kalau sudah tahu makna dari toleransi, dia akan tahu apa kesalahan yang telah ia buat. Toleransi sendiri mempunyai arti untuk saling menghormati, memahami, dan mengenal perbedaan yang ada. Jadi, walau bantuan yang diberikan dari non muslim, maka seharusnya kita berterimakasih kepada mereka. Bukannya mencabut logo pada tendanya karena pasti setelah kejadian itu juga banyak yang merasa tidak sudi akan perlakuan tersebut. Setelah mengetahui apa itu toleransi, mereka harus introspeksi diri dan mengakui kesalahannya serta memperbaiki apa yang salah dari perlakuan mereka itu. Berarti yang harus mereka lakukan, yaitu cobalah untuk memahami, menghormati, menghargai perbedaan yang ada dan cobalah untuk tidak menyakiti perasaan orang lain. Karena pada surat Alhujurat ayat 13 disebutkan kalau kita harus mengenal satu sama lain."

Kedua, bahwa melihat berita gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, sangat mengiris hati ketika melihat banyak korban jiwa dan rusaknya perumahan serta sarana publik. Apalagi kekurangan makan dan minum serta pakaian layak pakai. Kondisi mereka yang menderita tersebut diperkirakan satu bulan. 

Mereka masih ketakutan dengan gempa bumi yang menyusul dan menambah hancur bangunan rumah atau pemerintahan, pasar dan sarana ibadah. Berkenaan dengan korban gempa di Cianjur tersebut, kita sebagai umat Islam sekaligus warga Negara Kesatuan Republik Indonesia selayaknya membantu mereka sebagai bentuk empati. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun