Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Pembaca buku

Mohon doa untuk saya dan keluarga agar sehat lahir batin, dimudahkan dalam urusan rezeki, dan berkah dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Superlearning Bootcamp SMP Bahtera dan SCM Bandung

8 Juli 2022   10:49 Diperbarui: 8 Juli 2022   10:51 78 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
kolase --Dok. Pribadi

Belajar menjadi murid dahulu, baru mengajari murid. Itu yang terbetik dalam benak saat ikut dalam kegiatan superlearning bootcamp 2022 di SMP Bahtera dan SCM Bandung. 

Selama tiga hari para guru (bisa disebut) belajar dan menerima informasi tentang pendidikan serta yang terkait dengannya. 

Seperti neurosains, model pembelajaran, wawasan almamater, micro-teaching, modalitas belajar, dan lainnya. Bisa disebut sebagai spirit untuk menyambut sekaligus mewujudkan khidmat pada sesama manusia.

Guru ketika memberikan pelajaran sebetulnya bentuk khidmat. Murid menyimak guru dan melaksanakan tugas sebagai bentuk khidmat juga. Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan mengerjakan petuah guru sesuai kemampuan juga bentuk khimat.

Yang menarik saat micro-teaching, ternyata para guru bisa memerankan diri layaknya murid di kelas. Ada yang konyol. Susah diatur. Sering nyeleneh dan reaksioner. 

Kadang lempar pertanyaan tanpa melihat kondisi. Demikian dinamika kelas. Di tengah situasi demikian seorang guru harus mampu membimbing, memberikan petunjuk, mengarahkan, dan mengajari pengetahuan.

Dari kegiatan superlearning bootcamp, saya dapat aneka pengetahuan tentang otak, model pembelajaran, strategi mengajar, micro-teaching, belajar cara mengajar dari sesama guru,  dan sikap dalam melayani murid.

Hanya itu saja yang bisa saya tuliskan. Tentu tulisan ini hanya sedikit dari banyaknya informasi yang penuh manfaat untuk mengembangkan keahlian para pendidik. Maaf belum mampu menuliskan yang merepresentasikan kegiatan utuhnya. Hatur nuhun! ***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan