Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... pembaca buku

Mohon doa untuk saya dan keluarga agar sehat lahir batin, dimudahkan dalam urusan rezeki, dan berkah dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Antara Kuliner di Kulon Progo dan Bandung Raya, Bakso Haji Darmo dan Sate Pak Kromo

2 Mei 2021   13:51 Diperbarui: 2 Mei 2021   13:52 208 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara Kuliner di Kulon Progo dan Bandung Raya, Bakso Haji Darmo dan Sate Pak Kromo
Dokpri/ahmadsahidin12

Seorang kawan memberitahu ada bakso enak di Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta daerah Kaligesing Krikil. Ia bilang bahwa label baksonya persis seperti yang diulas oleh saya, yakni Bakso Malang Haji Darmo.Ia bercerita bahwa lokasinya sekitaran sawah dan kental suasana alam desa. Asyik untuk buka bersama dan kegiatan akhir pekan keluarga. Ada spot untuk foto-foto dengan bangunan khas desa dan stupa mirip yang ada di Borobudur.

Setelah dapat informasi tersebut, saya cek facebook Bakso Malang Haji Darmo. Memang benar ada cabangnya, termasuk Sate Pak Kromo.

Wah sudah banyak cabangnya. Itu yang terucap saat lihat daftar alamat cabangnya. Berarti benar-benar enak dan merakyat sehingga banyak permintaan untuk buka cabang.

Memang khas bakso Haji Darmo dan Sate Pak Kromo ini. Saya beberapa kali coba di daerah Gading Tutuka dan Exit Tol Soroja Soreang, Cangkuang Banjaran, Metro Indah Mall Soekarno Hatta Bandung, dan Karapitan Bandung. 

Satenya juga enak. Saat digigit terasa empuk dagingnya dan bumbu rempahnya juga khas saat di lidah. Saya tidak berani tanya tentang rahasianya. Yang jelas kalau kuliner sate dan bakso pasti ke lokasi tersebut yang ada di Bandung Raya.

Saya sampaikan pada teman tentang nikmatnya kuliner. Ia pun membenarkan yang saya rasakan dari dua kuliner tersebut.

Saya katakan pula yang hampir sama suasana dengan di Kulon Progo yakni di Punclut, Kabupaten Bandung Barat. Tempatnya luas dan ada view melihat pusat kota Bandung dari Bandung Utara. Udaranya sejuk dan nyaman untuk kumpul bersama keluarga. Kalau saja sedang di Kulon Progo, pasti saya coba makan bakso dan sate di suasana desa. Karena biasanya ada promo yang bikin hemat dompet.

Segitu saja cerita kulinernya. Semoga saja menjadi satu di antara pilihan kuliner buka puasa di bulan ramadan ini. Yang pasti nanti saat lebaran bakal diserbu orang-orang dua kuliner tersebut. Apalagi larangan mudik, suntuk di rumah langsung berburu kuliner saja. ***

VIDEO PILIHAN