Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Alumni UIN SGD Bandung

Warga Kabupaten Bandung. Sehari-hari beraktivitas memenuhi kebutuhan harian keluarga. Bergerak dalam literasi online melalui book reading and review (YouTube Shalawat Channel). Mohon doa agar kami sehat lahir dan batin serta dimudahkan dalam urusan rezeki.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Sekadar Menyampaikan tentang Kompasiana

17 Juni 2020   19:10 Diperbarui: 30 Juni 2020   14:16 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kemarin dan tadi siang, saya coba posting tulisan berupa ulasan buku Ibn Rusyd karya Afrizal M. yang berasal dari disertasi. Sayangnya dianggap menyontek artikel lain sehingga ditolak Kompasiana. Saya pernah mengalami lebih dari tiga kali dianggap copy paste. 

Ketahuilah bahwa yang saya tulis untuk kompasiana merupakan tulisan baru berupa karya saya sendiri yang belum diposting untuk situs lainnya.

Biasanya setelah muncul di kompasiana, saya sebar tautannya pada facebook dan WhatsApp group. Biar bisa diakses oleh orang lain, ulasan yang saya tulis tersebut.

Saya pernah menulis langsung pada kompasiana. Saya tidak menulis pada word atau notepad. Saat ditolak, langsung hilang tulisan tersebut dan saya harus menulis ulang lagi, bahkan sulit untuk menulis artikel yang sama. Karena itu, sekarang saya menulis dahulu pada note di gadget. Setelah beres, baru pindahkan pada kompasiana.

Ok, itu saja yang saya mampu tuliskan untuk mengisi stay at home alias masa nganggur.

Insya Allah, saya masih tetap baca buku. Dan pasti akan menuliskan ulasannya. Kalau ditolak muat pada kompasiana, ya pindah menulis pada blog atau situs lain.

Ya, saya ingat dengan pesan dalam sebuah kaos dari filsuf Yunani bahwa "historia vitae magistra," yang kira-kira dapat diartikan yaitu "pengalaman adalah guru yang terbaik". Karena itu, kalau pun nanti ditolak pasti akan coba lagi untuk menulis lagi. Yang ditolak ya posting pada medsos atau blog pribadi. Yang penting ruang untuk ekspresi dalam literasi tidak hilang. ***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun