Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Alumni UIN Bandung

Tinggal di Kabupaten Bandung. Sehari-hari mengajar dan membaca buku sekaligus menyajikan hasilnya berupa ulasan (resensi).

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Ulasan Buku Kejadian Manusia dan Takdir Tuhan

13 Januari 2020   20:58 Diperbarui: 13 Januari 2020   20:58 67 0 0 Mohon Tunggu...
Ulasan Buku Kejadian Manusia dan Takdir Tuhan
DOk. Pribadi

Beberapa menit lalu saya baca buku "Kejadian Manusia dan Takdir Tuhan". Ditulis oleh JS Giovani Sitohang. Terbit tahun 1977 cetakan pertama dan tahun 1983 cetakan kedua. Sangat tipis bukunya hanya 22 halaman.Meski tidak tebal, tetapi cukup informatif dan mencerahkan, terutama tentang kejadian manusia yang banyak diisi cuplikan ayat-ayat Al-Quran tentang asal mula kejadian dan perjalanan manusia sampai akhir hidup.

Pada paparan awal, saya kira karya tulis ini coba respons beredarnya konsep asal usul dan evolusi manusia yang diuraikan oleh Darwin.

Kajian evolusi Darwin tidak begitu tajam dikritisi, malahan dibiarkan tanpa catatan. Seakan ikut benarkan meski sajikan versi doktrin Islam.

Kemudian tentang takdir Tuhan, juga diisi dengan kutipan hadis dan Alquran. Memuat juga keterangan Ahlus Sunnah wal Jamaah sebagai aliran pengikut Sunnah Nabi dan mengikuti  sahabat dalam beragama, yang disebutnya Jamaah. Kaum ini disebut pula oleh penulisnya sebagai Suniyyun, yang berarti pengikut Sunnah. Sayang sekali prinsip dasar teologis tidak diuraikan, hanya aspek takdir kemudian qadha dan qadar yang dikupas. Namun tidak mendalam, sekedar menerangkan qadha dan qadar adalah sebagai keyakinan kaum Suniyyun.

Hanya itu saja yang saya dapatkan dari buku tipis tersebut. Hatur nuhun. *** (ahmad sahidin)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x