Mohon tunggu...
Ahmad Sadam Izzatulloh
Ahmad Sadam Izzatulloh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

memanusiakan manusiaa,mengesakan yang maha esa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jangan Pernah Berhenti Mendoakan Orangtua

25 November 2022   01:21 Diperbarui: 25 November 2022   01:25 61 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb .....

Saudara saudara ku Selesai membaca dzikir setelah shalat, guru di madrasah atau TPA/TPQ mengajari kita saat masih kecil dahulu untuk membaca doa rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira. Ia merupakan doa untuk kedua orang tua.

Sebagai seorang anak yang pastinya setiap kita memiliki orangtua, memang sangat penting bagi kita untuk selalu membacanya sebagai salah satu wujud bakti kita kepada ayah ibu yang telah membesarkan dan mendidik kita.

Terlebih jika saat ini mereka sudah meninggal, maka doa dari kitalah sesuatu yang sangat keduanya harapkan.

Supaya bacaan kita lebih mudah untuk dihayati, tentu kita perlu mengetahui bagaimana tulisan arab dan apa artinya doa ini. Berikut ini kita bahas secara lengkap agar kita dapat mengambil manfaat dan lebih memahaminya.

Orang tua adalah makhluk yang sangat berjasa bagi kita. Bagaimanapun keadaannya, mereka adalah orang yang merawat kita dengan kasih sayang sehingga kita dapat menjadi seperti saat ini.

Oleh karenanya, berbakti kepada keduanya adalah sebuah kewajiban yang harus kita tunaikan. Salah satu cara untuk berbakti adalah dengan selalu mendoakan kebaikan untuk mereka, baik ketika masih hidup maupun ketika mereka telah dipanggil oleh Allah taala.

Di antara banyaknya doa yang bisa kita baca, doa yang saat ini sedang kita bahas adalah termasuk yang utama karena ia telah disebutkan dalam Al-Quran. Berikut ini bacaan lengkapnya:

 

Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

Surat pertama yang menyebutkan bacaan doa untuk kedua orang tua adalah surat Al-Isra (17) ayat 24. Surat ini juga secara jelas menyebutkan perintah dari Allah taala agar kita selalu mendoakan kedua bapak ibu kita. Pada ayat itu, Allah taala berkalam:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan