Mohon tunggu...
Ahmad Roby_PWK_UNEJ
Ahmad Roby_PWK_UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Jember

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Jember dan Ekonomi Wisatanya

21 September 2022   19:47 Diperbarui: 21 September 2022   19:55 122 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jember yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur serta berbatasan langsung dengan laut Selatan. Oleh karena itu banyak sekali wisata yang berbau keindahan pantai di Jember. 

Kondisi geografis ini memberikan keuntungan tersendiri bagi kabupaten Jember yang khusus dalam sektor pariwisata serta meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai. 

Pantai pantai yang ada di kabupaten Jember ini banyak menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan. Keindahan alam inilah yang membuat pantai di Jember adalah tempat yang pas untuk melepas penat dan beristirahat dari hirup pikuk kota dan kehidupan sehari-hari serta bisa banyak menghabiskan waktu bersama keluarga yang sangat jarang terjadi.

Dari berbagai destinasi wisata pantai yang ada di Jember ada 4 pantai yang terkenal akan keindahannya. Seperti pantai Papuma yang menjadi pantai paling tersohor di kabupaten Jember. 

Pantai yang memiliki nama asli pantai Malikan ini selalu banyak di kunjungi oleh wisatawan oleh karena itu banyak masyarakat pesisir pantai Papuma yang sangat terbantu dari segi ekonomi sendiri. 

Meski demikian kehidupan masyarakat yang notabenenya hidup di pesisir pantai lebih menonjol untuk bekerja sebagai nelayan juga sangat membantu dalam sektor ekonomi. 

Jika dibandingkan kehidupan sebagai nelayan dan penyedia jasa maupun tempat untuk makan dan minum, kedua kegiatan tersebut sama sama memajukan kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. 

Selain itu masih ada beberapa pantai yang ada di kabupaten Jember seperti Pantai Watu Ulo, Payangan, Bandealit, dan pantai Puger. Banyak kegiatan ekonomi masyarakat yang terbantu oleh banyaknya pantai yang ada di kabupaten Jember ini serta membuat Jember maju dalam aspek pariwisata dan ekonomi.

Selain wisata pantai di Kabupaten Jember juga terdapat taman nasional Meru Betiri yang merupakan tempat wisata yang sekaligus menjadi tempat belajar tentang alam. 

Wisata ini tidak hanya di datangi oleh pelancong akan tetapi banyak juga orang yang melakukan penelitian. Di Taman Nasional Meru Betiri ini tidak memungut banyak biaya untuk masuk hanya sekitar Rp. 5000 -- Rp. 7500 per orang. 

Akan tetapi dengan biaya masuk yang begitu murah sudah banyak membantu dalam sektor ekonomi karena banyaknya wisatawan yang pergi berwisata disana. Oleh karena itu kondisi ekonomi di taman nasional tersebut sudah sangat baik untuk memajukan perekonomian Kabupaten Jember.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan