Mohon tunggu...
ahmad rizqon nafis
ahmad rizqon nafis Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berekonomi Syari'ah dengan Gadget

9 Desember 2022   15:20 Diperbarui: 9 Desember 2022   15:22 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi Islam merupakan bagian besar yang mencakup beberapa industri. Di Indonesia saat itu, kesadaran umat Islam untuk menjalankan Islam secara kaffah mulai muncul, yang juga melahirkan istilah gaya hidup halal. Hal ini dibuktikan dengan maraknya umat Islam, mulai dari  makanan dan minuman halal, pengajian yang bertebaran di berbagai tempat selain masjid, meningkatnya permintaan fashion Islami, pemakaian hijab oleh begitu banyak muslimah, dan keuangan Islami, kepentingan. Umat Islam harus menghindari riba, yang  dilarang keras dalam ajaran Islam. Di bidang keuangan Islam, tentu saja terciptanya prinsip-prinsip amal di samping pengejaran keuntungan materi. Amal ini bermanfaat sebagai penyalur harta, salah satunya adalah wakaf. Wakaf adalah sarana penyediaan fasilitas untuk kepentingan umum (Masyarakat Ekonomi Syariah, 2019). Belum lagi kini wisata halal juga menjadi destinasi baru dan peluang ekonomi yang sangat besar jika dikelola dengan baik, tentunya dengan bantuan sumber daya manusia yang mumpuni.

Indonesia diprediksi akan mengalami apa yang disebut  bonus demografi antara tahun 2020 hingga 2030. Hal ini berdasarkan prediksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dimana 70 persen penduduk Indonesia berada pada usia kerja, yakni antara usia 15 dan 6 pada tahun-tahun itu. Hanya sekitar 30% yang  tidak produktif dan di bawah 65 dan lebih. Teknologi juga telah menjadikan internet menggunakan media sosial sebagai food court, bahkan media sosial  menjadi salah satu mekanisme komunikasi dan sumber berita utama. orang-orang yang memilikinya. Ponsel adalah salah satu pendorong terpenting dalam belanja online. Berdasarkan klaim tersebut, Indonesia menjadi yang pertama di dunia dengan penggunaan smartphone dalam belanja online mencapai 1%. Pelanggan konsumen  menggunakan smartphone dan 30% lainnya menggunakan tablet atau perangkat seluler untuk berbelanja, sementara 58% konsumen lebih suka menggunakan komputer, generasi milenial  menggunakan teknologi komunikasi instan seperti pesan instan email  dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter.

Di era ekonomi digital saat ini, komputer pribadi (PC) dan internet merupakan teknologi utama yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Penggunaan teknologi seperti komputer dan internet saat ini menjadi awal berkembangnya bisnis elektronik atau electronic commerce. Digitalisasi telah membawa banyak  perubahan dalam kegiatan ekonomi masyarakat dan perusahaan, dari yang tradisional menjadi serba elektronik. Sehingga semua operasional sehari-hari dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Jauh sebelum adanya ekonomi digital, butuh waktu dan biaya yang terkadang tidak sedikit. Tapi sekarang semuanya trans. Ketuk sekarang, semua transaksi terkait keuangan dan bisnis  dilakukan melalui pangsa pasar melalui situs jual beli belanja online, sama halnya dengan proses pembayaran. Jika dulu membayar tunai di toko atau toko, kini teknologi digital memudahkan masyarakat untuk membayar secara online, kapan pun dan di mana pun konsumen menginginkannya. Perubahan aktivitas ekonomi yang seluruhnya dilakukan secara online menjadi bukti nyata akan berlanjutnya ekonomi digital. untuk maju.. Selain itu, startup  saat ini sedang berkembang di Indonesia. Menurut  Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada 2.100 startup di Indonesia. Tren awal menyasar banyak milenial, bahkan beberapa generasi seperti Gen Z. Keuntungan yang menguntungkan menyebabkan banyak  startup yang gulung tikar, sehingga  startup berperan penting dalam menopang perekonomian negara. Teknologi digital merupakan fase transisi dalam pengoperasiannya yang tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Tetapi lebih mungkin itu adalah sistem operasi yang sepenuhnya otomatis dan dikembangkan bersama dalam bentuk biner (nol dan satu)  yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem komputasi yang sangat cepat yang memproses semua jenis informasi sebagai nilai numerik. Dalam teknologi analog, gambar dan suara diubah menjadi gelombang radio,  teknologi digital mengubah gambar dan suara menjadi data digital yang terdiri dari 1s dan 0s. 

Gambar yang ditampilkan oleh teknologi digital ini memiliki kualitas warna yang lebih natural dan resolusi yang lebih baik, tidak pecah atau rusak ketika gambar tersebut ditampilkan pada layar yang besar. . alat  dimana setiap orang dapat mengolah, memproduksi, mengirim dan menerima segala macam pesan komunikasi, dimana dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batas ruang dan waktu, dengan sendirinya memberikan dorongan bagi perkembangan bidang komunikasi massa, yaitu bagian dari komunikasi komponen Alhasil, informasi yang datang dari media, baik cetak maupun elektronik, mulai mendapatkan momentumnya. Disadari atau tidak, saat ini kita  berada dalam  lingkaran  informasi. Tentu saja, ini memiliki efek tertentu pada masyarakat, baik positif maupun negatif. Namun tentunya harus diwaspadai  dampak negatif dari  perkembangan yang pesat ini, yang secara tidak langsung  mengisi ayunan kehidupan masyarakat. Kita sebagai mahasiswa harus tahu bahwa kita harus berinovasi dan mengembangkan perekonomian saat ini. Digitalisasi dan keseimbangan setiap kepribadian harus seimbang dan berkesinambungan dengan ekonomi syariah. Sehingga banyak inovasi dalam pengelolaan ekonomi itu sendiri  agar tidak muncul buta huruf teknis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun