Mohon tunggu...
Ahmad RiyadKurni
Ahmad RiyadKurni Mohon Tunggu... Pelajar

Pelajar Tugas B.Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Teks Eksposisi mengenai Narkoba

6 Agustus 2020   15:16 Diperbarui: 6 Agustus 2020   16:01 506 1 0 Mohon Tunggu...

Tesis:

Narkoba merupakan suatu yang tidak asing lagi untuk kita. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Sedangkan NAPZA merupakan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. 

Narkoba membuat penggunanya menjadi kecanduan sehingga banyak orang yang tidak bisa lepas dari obat ini, selain merasa candu masih banyak lagi hal-hal yang disebabkan oleh narkoba sendiri.

Argumentasi:

Narkoba sudah banyak meracuni masyarakat Indonesia terutama dikalangan anak muda, bukan hanya anak muda saja bahkan anak-anak, remaja, orang tua banyak yang menggunakan narkoba.

 Awalnya hanya sekedar mencoba dan akhirnya menjadi ketagihan bahkan sampai menjadi pengedar. Di Indonesia penyebaran narkoba meningkat dengan cepat hal ini dikarenakan pergaulan yang salah, kurangnya perhatian dari orang tua, faktor lingkungan, dan kurangnya pengetahuan agama. 

Sepatutnya kita sudah tau bagaimana bahayanya narkoba bagi diri kita sendiri, berikut bahaya narkoba bagi diri kita, yaitu: Menurunnya tingkat kesadaran, kematian, dehidrasi, dijauhkan dari teman, merusak kehidupan sosial, kurang konsentrasi dsb.

Pencegahan narkoba bisa kita lakukan dengan langkah yang tepat, seperti: Menjaga pergaulan, pilihlah teman yang menuntun kita pada kebaikan, hindari lingkungan yang buruk, memberi perhatian pada anak, belajar pengetahuan agama dengan baik.

Penegasan ulang:

Oleh sebab itu, kita harus menjaga diri kita dari hal-hal yang bisa merusak masa depan kita sendiri terutama narkoba, jika kita pandai dalam memilih teman dan lingkungan sekitar akan banyak generasi bangsa yang berprestasi .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x