Mohon tunggu...
Ahmad Ringgit
Ahmad Ringgit Mohon Tunggu... Guru - guru desa/sdn3kendit

ingin berubah mengikuti perubahan jaman

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Setelah Dua Setengah Tahun

8 Agustus 2022   10:08 Diperbarui: 8 Agustus 2022   10:09 46 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hari ini bertepatan dengan Senin 8 Agustus 2022 dilakukan Upacara Bendera untuk yang pertama kalinya di sekolah setelah hampir 3 tahun vakum.Hampir semua warga sekolah dengan penuh rasa suka cita terlepas dari apakah ia bisa menjadi petugas dan peserta upacara dengan baik dan sempurna. Karena vakum terlalu lama dapat dipastikan hampir semua petugas upacara melakukan kesalahan. Namun dengan tidak mengurangi antusias yang mereka punya,kami tetap menyelenggarakan upacara itu dengan meriah.

Tak ada rasa sebahagia menatap mereka para siswa yang berwajah sumringah.Mengenakan seragam baru menatap masa depan dengan semangat menyala-nyala.Tak ada yang mampu memadamkannya,karena wajah polos yang mereka punya.Semua gembira,semua bersorak seperti api yang tak kunjung padam di Pamekasan Madura.Dengan sepenuh hati kami semua mengajak para siswa berdoa agar pandemi ini segera hilang dari nusantara dan kita mampu kembali menata harapan yang porak poranda.

Pandemi ini memang luar biasa. Menghancurkan segala sendi kehidupan dunia,mengubur semua hasil keringat, dan memadamkan kobaran semangat para anak manusia. Pendidikan hancur karena anak anak tak mampu menguasai dasar dasar pengetahuan dengan sempurna. Bayangkanlah jika ada anak kelas 5 SD kurang lancar membaca. Bayangkanlah jika ada kelas 6 tidak mampu menghafalkan perkalian nol sampai sepuluh. Bayangkan pula jika ditemukan ada siswa yang tidak mampu kita ajak ngomong karena intelektualnya yang tidak memadai. Apa yang harus dan bisa kita lakukan untuk mengentaskan anak anak siswa kita kekluar dari keadaan gelap yang mendekapnya ini  ?

Tak ada yang bisa menolong kecuali semangat untuk keluar dari kegelapan ini. Anak anak harus memiliki semangat untuk belajar demikian juga guru-gurunya. Belajar di mana saja, Belajar kapan saja, dan Belajar kepada siapa saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan