Mohon tunggu...
Ahmad Nuril Mustofa
Ahmad Nuril Mustofa Mohon Tunggu... Founder Yayasan Pesantren Alam Nusantara Kota Batu

Menulis adalah secercah harapan untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisatawan Pasti Penasaran dengan Durek Kawitan

23 Januari 2020   08:43 Diperbarui: 23 Januari 2020   08:53 145 1 0 Mohon Tunggu...

Batu sebagai kota wisata sepertinya itu sudah digaungkan disaat dulu Kota Batu mencari jatidirinya. Saat ini di Kota Batu sudah mulai digaungkan wisata berbasis desa yang mengangkat kampung kampung disudut Kota sebagai daya tarik destinasi wisatawan pastinya. 

Konsep kampung wisata pertanian ramah lingkungan atau bisa disebut dengan kampung Go Green kini semakin digalakkan di Dusun Durek. Hal ini terwujud dengan diterapkannya konsep bertani di pekarangan rumah layaknya masyarakat zaman dahulu. 

Perbedaannya zaman dulu dengan sekarang masyarakat tersebut bertani sayur dan bunga dengan menggunakan polibek dan beberapa media tanam lainnya yang diletakkan di depan rumah masing masing. 

Dulu jarang ada tanaman, karena kampung durek memang lokasinya agak jauh Dari perkotaan, bisa jadi durek dulu memang seperti pedalaman, sekarang disetiap pekarangan rumah bahkan didalam gang full terdapat berbagai macam tanaman. 

Masing masing RT memiliki ciri khas dalam mendesain kampungnya, dengan berbagai tematik yang ditonjolkan untuk  memarik perhatian wisatawan. Ada wilayah dengan tema kebun binatang mini dengan berbagai koleksi hewan langka, bahkan sampai zona edukasi juga ada di kampung ini yang di suguhkan dengan memajang asmaul husna serta tempat bermain permainan traditional. 

Semakin penasarankan dengan Durek KAWITAN, segera agendakan liburan bersama keluarga dan rekan kerja untuk melihat potret kampung yang ramah lingkungan dan penduduknya juga ramah ramah pastinya. 

VIDEO PILIHAN