Mohon tunggu...
Ahmad Muzakki Falahuddin
Ahmad Muzakki Falahuddin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - mahasiswa

Nusantara Emergency Response

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

E-Sport di Era Milenial yang Menghasilkan Prestasi

28 Juli 2021   17:20 Diperbarui: 28 Juli 2021   17:23 70 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
E-Sport di Era Milenial yang Menghasilkan Prestasi
E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

E- Sport merupakan sebuah olahraga “ baru” atau merupakan kompetisi permainan video pemain jamak (multiplayer) yang ummumnya dimainkan oleh pemain professional. 

Olahraga ini berhubungan dengan perangkat elektronik seperti computer, laptop dan smartphone. Generasi Z ini sendiri adalah Generasi setelah Generasi Y, yang didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang kelahiran 1998 sampai 2010. Kenapa bisa dikatakan E- Sport adalah Olahraga terbaik Generasi Z? 

Generasi Z sendiri adalah permulaan orang yang gemar menggunakan gadget atau tidak gagap dengan teknologi sehingga hal apapun yang berkaitan dengan elektronik akan selalu dipelajari terlebih pada game. Generasi ini sering disebut dengan generasi peralihan generasi Y dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. 

Pada bulan januari yang lalu Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil program Sensus Penduduk yang dilakukan tahun 2020 yang lalu. Kegiatan sensus penduduk merupakan program rutin 10 tahunan yang dilakukan secara periodic dan metodologis (sensus terakhir di tahun 2010). 

Selain perihal jumlah penduduk berdasar jenis kelamin selebaran setiap provinsi, hasil sensus 2020 menunjukkan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan kategori generasi yaitu preboomer (lahir sebelum tahun 1945), baby boomer (generasi yang lahir tahun 1946-1964), generasi X (generasi yang lahir tahun1965-1980), generasi milenial (generasi yang lahir pada tahun 1981-1996), generasi Z (generasi yang lahir pada tahun 1997-2012) dan yang terakhir post generation (generasi yang lahir tahun 2013 dan seterusnya). Sesuai dengan prediksi dari berbagai kalangan, Indonnesia tengah berada pada periode yang dinamakan sebagai Bonus Demografi . 

Sebagian besar penduduk saat ini berasal dari generasi Z yaitu sebanyak 74,93 juta jiwa (27,94 %). Generasi milenial yang digadang – gadang menjadi motor pergerakan masyarakat saat ini , jumlahnya berada sedikit di bawah gen Z, yaitu sebanyak 69,38 juta jiwa atau 25,87 % dari total penduduk Indonesia . Berikutnya adalah generasi X sebanyak 58,65 juta jiwa (21,88%), generasi baby boomer (31,01 juta jiwa atau 11,56 %), post gen Z (29,17 juta jiwa atau 10,88 %) dan generasi boomer (5,03 juta jiwa atau 1,87 %). 

Ini artinya keberadaan generasi Z memegang peranan penting dan akan sangat berpengaruh pada perkembangan Indonesia saat ini dan nantinya. Karakteristik dari generasi ini adalah bersifat global serta memberikan pengaruh pada budaya dan sikap masyarakat kebanyakan. Satu hal yang menonjol, Generasi Z mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. 

Teknologi mereka gunakan sama alaminya layaknya mereka berafas. Pada generasi itulah bisa dikatakan game mulai banyak dimainkan dan mulai memiliki minat yang sangat banyak sehingga diibentuklah olahraga E-Sport supaya orang tidak hanya hobi atau gemar saja dalam memainkan game, tetapi orang akan dapat menghasilkan uang atau prestasi melalui game atau E-Sport. 

Generasi Z adalah generasi yang lebih banyak terlihat “ candu” dengan gadget atau perangkat elektroniknya sehingga k eseharian mereka akan lebih banyak melihat atau menatap gadget atau perangkat elektronik lainnya. Sehingga bisa dikatakan dan dibilang bahwa Generasi ini paling cocok untuk olahraga E-Sport jika dilihat dari berbagai realita yang ada. 

Sudah banyak sekali Tim besar Negara kita yang sudah berhasil juara internasioal melalui cabang olahraga E-Sport ini seperti Evos, RRQ dan t im lainnya. Terdapat banyak sekali game atau permain dari E- Sport, seperti Arena of Valor (AoV,) Call of Duty, Fortnite, Free Fire, Hearthstone, Identity V, Marvel Super War, Mobile Legend dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya skill dalam permainkan ini, akan tetapi pikiran dan Teknik juga dikedepankan walaupun olahraga ini hanya menggunakan gadget atau perangkat elektronik lainnya. Jadi sangat cocok sekali untuk Generasi Z sebagai pembawa atau pendobrak dari perkembangan teknologi dan yang paling terpenting selalu ingin belajar sehingga tidak gaptek (gagap teknologi). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN