Mohon tunggu...
Ahmad Malik
Ahmad Malik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penulis pemula

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Gaya Belajar

1 November 2022   23:49 Diperbarui: 1 November 2022   23:51 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Gaya belajar merupakan cara terbaik seseorang dalam memahami atau mendapatkan ilmu dengan memadukan antara kebiasaan dan perilaku sehingga pembelajaran bisa dilakukan dengan baik dan optimal.

Ketika seseorang belajar sesuai dengan gaya belajarnya maka terciptalah evektivitas dalam belajar, tapi ketika seseorang tidak belajar dengan gaya belajarnya maka terjadilah hambatan yang menjadikan informasi dan pengetahuan yang sedang diproses itu tidak bisa diserap denga baik.

Menurut Neuro Linguistic Programing (NLP) gaya belajar dibagi menjadi tiga yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Anak dengan gaya belajar visual lebih suka belajar dengan melihat atau membaca, mereka memiliki kemampuan daya ingat visual yang tinggi. 

Sedangkan gaya belajar auditori anak akan lebih mudah memahami dengan mendengarkan, contohnya ketika guru menerangkan di sekolah. Dan gaya belajar kinestetik, mereka cenderung tidak bisa diam dalam belajar, seperti memainkan pulpen, menghentakkan kaki, dan sebagainya.

Kita sebaiknya mengerti gaya belajar kita masing-masing, karena akan mempermudah kita dalam memahami apa yang akan kita pelajari. Tetapi ada kekurangan jika seorang anak diberi label gaya belajar tertentu, akan memungkinkan anak tersebut memutuskan hanya 1 gaya belajar saja dan menolak belajar dengan cara lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun