Mohon tunggu...
Ahmad Jalil Afandi
Ahmad Jalil Afandi Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru

Ketika tulisan mengubah pola pikir seseorang, maka disitulah penulis berhasil.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Surga Dunia ala Danau Toba

24 September 2021   20:33 Diperbarui: 24 September 2021   20:36 147 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Danau Toba dikenal luas sebagai danau vulkanis terbesar yang pernah ada di dunia ini. Danau yang terlihat seperti lautan karena luasnya lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter ini memiliki pulau yang terkenal, yaitu Pulau Samosir. Penamaan pulau tersebut terkenal lewat cerita rakyat yang melegenda. 

Seorang anak Bernama Samosir yang tahu bahwa ibunya berupa jelmaan seekor ikan dari ayahnya sendiri. Padahal hal tersebut merupakan hal yang melanggar dari kesepakatan awal antara ibu dan sang ayah.

Danau Toba bukan sekedar cerita rakyat belaka. 

Danau ini terbentuk karena letusan dahsyat yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letaknya yang berada di 900 meter di atas permukaan laut membuat danau ini merupakan terletak di dataran tinggi. 

Berarti, wilayahnya sejuk dan sangat cocok untuk menyegarkan diri dari kepenatan pekerjaan. Apalagi dengan perairan luas dan gugusan pegunungan yang mengelilingi danau, membuat mata tidak akan lelah melihatnya.

Dengan daratan berupa pegunungan, danau ini sangat cocok untuk berolahraga down hill. Sambil menaiki sepeda, kita bisa melihat hijaunya daratan dan jernihnya air danau ini. 

Bagi yang tidak menyukai olahraga down hill, kita juga bisa melakukan aktivitas air. Kita bisa melakukan olahraga kayak dengan rute yang mudah dari Tongging ke daerah Silalahi sepanjang 12 km. 

Selain itu bagi yang suka tantangan, wajib mencoba rute Tongging ke daerah Samosir yang berjarak sekitar 50 km. Kalau belum memuaskan adrenalin, maka ada rute yang terakhir yaitu rute Lingkaran Utara sejauh 175 km. Sangat menarik, bukan?

Bagi yang suka sejarah, kalian pasti menyesal kalau tidak mengunjungi Danau Toba. Karena terdapat Museum Tomok dan Museum Huta Bolon yang menyimpan sejarah dan budaya Suku Batak. 

Pada Museum Tomok, kita bisa melihat hebatnya nenek moyang Suku Batak dalam pembuatan rumah adat Batak Toba. Rumah adat yang sudah berusia ratusan tahun tapi masih kokoh berdiri sampai detik ini. 

Sangat luar biasa, bukan? Selain itu yang suka dengan seni ukir, bisa berkunjung ke Museum Huta Bolon untuk melihat ukiran dan ornamen khas Batak bernama Gorga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan