Kotaksuara

Beasiswa Etos Surabaya Peduli Banjir Pacitan

10 Desember 2017   15:01 Diperbarui: 10 Desember 2017   15:47 1029 0 0
Beasiswa Etos Surabaya Peduli Banjir Pacitan
Dok.pribadi

Jum'at (8/12) Beastudi Etos Surabaya melakukan aksi penggalangan dana untuk korban banjir Pacitan di Pasar Jum'at ITS. Aksi penggalangan dana juga dibantu oleh JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi) ITS. Aksi penggalangan dana untuk Pacitan tidak hanya berakhir hari Jum'at, Minggu (10/12) Beastudi Etos Surabaya kembali membuat aksi di Taman Bungkul Surabaya.

Aksi ini didasari dari rasa kepedulian terhadap korban banjir di Pacitan karena dari informassi yang kami dapat dari liputan 6 sedikitnya ada 25 orang meninggal dunia, serta ribuan rumah terkena banjir dan tanah longsor. Hal tersebut terjadi karena Pacitan merupakan salah satu daerah yang terkena Badai Cempaka sehingga curah hujan bertambah drastic.

"Di Pacitan, tercatat pada 27 November ada 383 mm curah hujan per hari. Biasanya curah hujan itu untuk sebulan, tapi ini jatuh dalam waktu sehari. Jadi, daerah sungai melewati Pacitan tidak mampu menampung, apalagi pada saat bersamaan laut di Pacitan mengalami pasang sehingga sebabkan banjir dan longsor di hulunya," ucap Sutopo Purwonugroho sebagai Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berlandaskan hal itu, Mahasiswa Beastudi Etos Surabaya membuat aksi penggalangan dana sambal melakukan orasi. Meskipun pada hari itu juga hujan akan tetapi tidak mengurangi semangat dari para pemuda etoser dan JMMI. Terbukti dengan teriakan orasi dan semangat penggalangan dana masih terdengar jelas.

"Saudara-saudaraku semuanya, saudara kita Pacitan sedang berduka. Mereka sedang menangis. Banjir dan tanah longsor yang merenggut nyawa 25 orang dan meneggelamkan ribuan rumah membuat warga Pacitan kehilangan kebahagiaannya. Saudara kita Pacitan sedang merindukan kebahagiaan. Saudara kita Pacitan sedang merindukan ketentraman. Saudara kita Pacitan sedang merindukan kedamaian. Maka dari itu marilah kita memberi sedikit kebahagiaan kita dengan menyisihkan sedekit rezeki kita untuk Pacitan," teriak Ahmad sebagai Orator Aksi Pacitan.

 Dari kesemangatan tersebut terbukti dengan hasil penggalangan dana pada Hari Jum'at memperoleh Rp. 6.551.200,00 dan pada Hari Minggu memperoleh Rp. 688.500,00. Hasil donasi tersebut akan diberikan kepada warga Pacitan Bersama dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Ahmad Jabal Maulidaya Sabah

Fakultas Perikanan dan Kelautan 2017

Kelas A

Budidaya Perairan 

Universitas Airlangga 

Surabaya