Mohon tunggu...
Ahmad Irfan
Ahmad Irfan Mohon Tunggu...

Hanya manusia biasa...

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Kompasiana Blogshop Makassar: Reuni Orang Biasa Yang Luar Biasa !

23 Juli 2011   10:27 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:26 0 1 6 Mohon Tunggu...
Kompasiana Blogshop Makassar: Reuni Orang Biasa Yang Luar Biasa !
13114165041684179540

[caption id="attachment_121107" align="alignleft" width="300" caption="A moment from Makassar Blogshop"][/caption]

Hari ini biasa saja dan sama saja dengan hari-hari lainnya. Namun ada agenda hari ini yang sudah saya tunggu dari hari-hari sebelumnya, apalagi jika bukan Telkomsel Kompasiana Blogshop Makassar. Yah, Telkomsel dan kompasiana mengadakan acara blogshop di Makassar, tepatnya di Wisma Kalla Makassar. Rencana awal, acaranya akan dimulai pukul 10 pagi, maka saya berangkat ke TKP pukul 9.30. Berhubung tempat acara dekat dari kantor yang sekaligus merupakan rumah saya, jadinya tidak memakan waktu lama untuk kesana. Bahasa kerennya, tinggal ngesot nyampe dah !  :)

Orang pertama yang saya kenal diacara tersebut adalah  salah satu kompasianer bernama Hartono.  Dia merupakan mahasiswa hukum di Unhas, anaknya lucu, ramah dan kami langsung akrab seketika. Selanjutnya saya bertemu Rahmat Hardiansyah, dia adalah teman sekolah saya dulu. Lalu di meja kami ada Pak Muslimin (id beliau dikompasiana adalah primus74, ternyata beliau memang seganteng primus si artis itu :D ). Selain itu ada juga Pak Ada,  Pak Iman dan Bang Dedi.  Alhamdulillah, semua kompasianer di meja saya orangnya ramah-ramah sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakrabkan diri. Saking akrabnya, kita masih sempat bercanda ria ditengah-tengah penguraian materi. Untuk para pemateri, maaf ya pak...maaf ya mbak !

Oh ya, sebelumnya di awal acara, ada beberapa netbook kompasianer yang tidak bisa terkoneksi ke Internet. Mulanya netbook Pak Ada yang bermasalah, tidak bisa terkoneksi ke wifi. Saya bantu utak-atik, ndak jalan juga. Akhirnya saya buatkan Ubuntu live usb dan minta beliau boot netbooknya dari linux. Ah..jalan, aman dan koneksinya lancar walaupun akhirnya dimatikan juga karena netbook sudah lowbat.  Tak jauh dari Meja saya, ada Pak  Ridwan yang ternyata  merupakan teman lama saya (lama tidak ketemu, akhirnya lupa nama masing-masing). Netbooknya juga bermasalah terkoneksi ke wifi,  tapi bisa segera diatasi setelah di utak-atik. Ah, serasa jadi pakar IT (pakar dari hongkong...hehehe)

Acara dimulai dengan materi pertama yang dibawakan oleh Mas Iskandar Zulkarnaen. Beliau tiba-tiba menjadi MC dadakan yang sekaligus membuka acara :). Di awal acara beliau mengajak peserta untuk  mengamati beberapa gambar Ilusi dengan tujuan untuk melihat respon para peserta mengenai apa yang mereka lihat. Peserta pun memberikan banyak respon yang berbeda-beda. Disini Mas Iskandar menekankan bahwasannya opini atau cara pandang seseorang berbeda-beda dalam menyikapi sesuatu.  Karena opini atau pendapat tiap-tiap orang tidak bisa disamakan, maka dengan demikian kita harus bijak menerima segala perbedaan yang ada.

Materi kemudian dilanjutkan mengenai Citizen Jurnalism (CJ). Beliau menjelaskan bagaimana CJ berkembang dan meluas seperti sekarang ini serta bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat dunia.  Tentang bagaimana CJ telah menjadi wadah bagi masyarakat biasa untuk beropini secara luas. Beliau memaparkan pula bagaimana sifat CJ yang berbeda dengan jenis Mainstream Media dimana CJ bersifat lebih luas, bebas kepentingan, lebih dipercaya, akurat dan relevan. Oh ya, yang mau lihat/download materi presentasi dari Mas Iskandar bisa dilihat di account slideshare beliau di http://www.slideshare.net/iskandarjet/citizen-journalism-medan

Acara semakin menarik sehabis break untuk makan siang karena materi yang dibahas adalah materi "Menulis Cepat, Menarik, dan Bermanfaat" (yang penasaran tentang materinya, bisa lihat punya Mas Iskandar Slides Mas Iskandar )yang dibawakan oleh Mas Pepih Nugraha. Materi diawali dengan salam  hangat bertajuk "Selamat datang di dunia orang biasa". Dalam paparannya, Mas Pepih menjelaskan hambatan-hambatan dalam menulis dan bagaimana tips dan trik untuk mengatasinya. Beliau memotivasi peserta untuk membiasakan diri menulis, dan membiasakan diri untuk merasakan apa yang kita pikir lalu menuangkannya dalam tulisan. Intinya "Ide jangan dipendam, langsung tulis !". Yang paling berkesan bagi saya adalah ungkapan beliau bahwa jika menulis itu adalah ibadah maka janganlah menulis hal-hal yang buruk yang bisa menyakiti dan melukai orang lain. Yah, seirama dengan beliau, tujuan saya menulis juga untuk ibadah !

Materi ketiga diisi oleh Mbak Cheeqa dari Telkomsel. Beliau memaparkan tentang bagaimana Trend Blog dari tahun ke tahun hingga saat ini. Tentang bagaimana antusiasme masyarakat terhadap blog dan bagaimana mereka menggunakan blog dengan berbagai tujuan baik sebagai wadah untuk menulis, mencari penghasilan, maupun untuk personal branding dan lain-lain. Tak lupa Mbak Cheeqa juga menyampaikan paket-paket Internet Broadband dari Telkomsel untuk mendukung para bloggers untuk tetap ngeblog. Sempat juga ada sesi tanya jawab dan curhat dari peserta mengenai layanan Telkomsel yang langsung di handle oleh ibu Jowvy Kumala, Coorporate Communication PT Telkomsel wilayah Papua, Maluku, Sulawesi.

Menjelang acara hampir selesai, ada sesi kuis dan doorprize dari Pihak Telkomsel dan Kompasiana. Sayangnya saya tidak sempat kebagian, jadi tidak ada kesan khusus di sesi ini kecuali ucapan selamat kepada kompasianer yang dapat hadiah. Sedikit pertanyaan untuk peserta yang dapat hadiah. "Boleh tau hadiahnya apa yah ? Bisa bagi dua tidak ?" (hehehe, bercanda). Untuk Mas Yusran yang dapat Iphone 4 dari acara Jawara Telkomsel Ngeblog Seharian di Kompasiana, saya mengucapkan selamat atas kemenangannya !.

Akhirnya acara selesai dan ditutup dengan foto bersama sekitar pukul 17.00 WITA sore. Alhamdulillah, walaupun acara ini acara adalah acara biasa, dihadiri oleh orang biasa namun dari sini saya mulai untuk membiasakan diri untuk menulis. Benar-benar semangat yang luar biasa !

Beberapa kesan-kesan Kompasianer lainnya bisa dibaca di :

KONTEN MENARIK LAINNYA
x