Ahmad Imam Satriya
Ahmad Imam Satriya Guru

mencintai 4 wanita cantik Rizka, Adzra, Rania, Alida, dan menyayangi satu anak laki-laki ganteng, Yasser! Seorang guru. Pemerhati humaniora. Paling senang berada di tengah keluarga dan di dalam kelas belajar bersama siswa. Pemain bola favorit Mohamed Salah

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kenapa Ya Banyak Pemain Bola Punya Tato?

12 Juli 2018   21:53 Diperbarui: 13 Juli 2018   21:01 1964 5 3
Kenapa Ya Banyak Pemain Bola Punya Tato?
memphis-depay.mato.media

Saat nobar dengan teman-teman, ada yang nyeletuk, "Pemain bola banyak yang bertato ya, ada yang di tangan, kaki, di badan juga ada. Biar apa ya?" Pertanyaan itu langsung disambut dengan beragam jawaban, tetapi pada umumnya jawaban mengarah ke satu hal yaitu biar keren. Ya teman saya banyak yang bilang begitu.

Saya pun punya jawaban yang sama, mungkin para pemain bola itu merasa keren dengan tatonya. Kenapa bisa ada jawaban seperti itu? Ya karena tato itu sebuah karya seni. Seni itukan untuk estetika, ya "keren" itu estetika. Itu adalah jawaban "kira-kira" saya memandang tato bagi mereka yang bertato. Mungkin dari Lionel Messi sampai Raheem Sterling punya alasan seperti itu. Dan melalui sepak bola, mereka dilihat oleh orang seluruh dunia. Oleh karena itu butuh penampilan yang keren.

Main boleh saja di satu lapangan, tetapi yang menonton seluruh dunia. Beda dengan etalasi di mal yang hanya dilihat oleh orang yang datang ke mal itu saja. Apalagi bagi pemain yang tampil di liga, hampir setiap minggu akan muncul di TV bak artis sinetron yang tayang seminggu sekali. Bedanya mereka ditonton oleh orang dengan jumlah yang jauh lebih banyak, apalagi jika disirakan ke seluruh dunia.

Oleh karena itu setiap pemain akan berusaha untuk memperlihatkan kemampuan terbaik, termasuk penampilan. Ada yang klimis dan ganteng seperti Christiano Ronaldo, ada yang urakan tetapi jantan seperti Ibrahimovic dengan tatonya. Tetapi ada juga yang low profile yang hanya mengandalkan skill bermain seperti Mo Salah dengan rambut kriwilnya.

Apakah ada hubungannya tato dengan kemampuan bermain? Saya kira tidak (BTW pertanyaan ini gampang banget ya). Contoh Ronaldo dan Salah ga punya tato, tetapi bermainnya ciamik! Jadi saya pikir murni hanya untuk penampilan. Bagaimana dengan percaya diri? Mungkin juga ke sana. Bagaimana dengan Messi atau Neymar yang jago bermain bola dan punya tato? Saya pikir mereka sudah jago bermain bola sebelum punya tato.

Karena pada akhirnya hampir seluruh dunia menyaksikan, bisa jadi ada orang yang menirukan mereka, termasuk meniru punya tato. Namanya juga gaya, seperti budaya yang bisa membawa pengaruh kepada yang lain. Merekapun lantas membuat tato juga di badan, walaupun mungkin hanya untuk keasikan pribadi atau untuk ditunjukan ke orang.

Nah sehubungan dengan itu, kita harus berhati-hati. Artinya jangan sampai tato itu pada akhirnya menjadi penyesalan karena ikut-ikutan, seperti ikut gaya pemain bola. Tato itu susah dihilangkannya, hawatir menyesal kemudian.

Saran saya, kita ikuti atau tiru kemampuan mereka bermain saja. Karena terkadang gaya ga ada artinya kalau ga punya kemampuan sebenarnya. Siapa tahu dengan fokus pada kemampuan, kita semakin jago bermain bola, bukan jago bergaya.

Sekian.